Bagaimana Cara Memulai Usaha Sendiri Di Bidang Kuliner Usaha Rumah Makan? Ikuti 6 Tips Ini

Bagaimana Cara Memulai Usaha Sendiri Di Bidang Kuliner Usaha Rumah Makan?  Ikuti 6 Tips Ini

Bagaimana Cara Memulai Usaha Sendiri Di Bidang Kuliner Usaha Rumah Makan? Ikuti 6 Tips Ini

Salah satu jenis usaha yang seolah tak ada habisnya adalah usaha kuliner. Karena semua orang membutuhkan jasa kuliner untuk memenuhi salah satu kebutuhan primer mereka. Salah satu bentuk usaha yang cukup potensial dalam usaha jasa kuliner adalah usaha rumah makan. Lalu bagaimana cara memulai usaha sendiri.

Yang kerap menjadi masalah adalah bagaimana sebenarnya cara memulai usaha sendiri dalam bentuk usaha rumah makan macam ini? Adakah langkah langkah spesifik yang Anda perlu siapkan untuk membangun usaha rumah makan?

Tentu saja ada beberapa hal spesifik yang perlu Anda lakukan sebagai langkah awal memulai usaha rumah makan. Langkah awal ini bersifat sebagai persiapan dalam menjalankan usaha rumah makan. Pada kesempatan ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara memulai usaha sendiri berupa usaha rumah makan dengan cara yang tepat.

Dan adapun cara memulai usaha sendiri berupa usaha rumah makan ini adalah sebagai berikut :

  1. Rencana awal
    Lakukan indentifikasi apa yang akan Anda jual, siapa target Anda, masalah permodalan dan pembiayaan operasional dan sistem pemasaran serta penjualan. Ada baiknya Anda melakukan survey pada tahap ini untuk mengetahui dengan baik keselarasan produk dengan target pasar, lokasi yang tepat, biaya yang Anda perlukan sampai motivasi konsumen sehingga Anda bisa melakukan langkah promosi yang tepat.
  2. Perijinan
    Meski sifatnya tidak mutlak, tetapi bila Anda berencana menjalankan usaha kuliner Anda dengan professional, maka perijinan memiliki peran besar. Tetapi dari sisi efisiensi, setidaknya akan lebih baik Anda urus peijinan di awal bila usaha rumah makan ini berada di jalur jalan raya utama yang besar atau Anda juga mengincari kerjasama dengan instansi pemerintah. Mereka hanya dilegalkan bekerjasama dengan perusahaan dengan ijin lengkap, NPWP dan surat-surat berkas lain.
  3. Lokasi
    P
    emilihan lokasi memiliki peran crusial dalam kesuksesan usaha. Kadang menu Anda yang menggoda bisa terkalahkan hanya karena Anda salah memilih lokasi. Bahkan ada baiknya Anda dahului proses pengambilan keputusan dengan survey lokasi. Pastikan ada beberapa pilihan, temukan apa saja kelebihan dan kekurangan tiap lokasi, termasuk masalah biaya sewa atau belinya. Pilihlah yang terbaik dari pilihan yang lain.
  4. Suplier
    Anda memang bisa melakukan belanja rutin di pasar untuk produk rumah makan Anda. Tetapi bila usaha Anda sudah professional, Anda sebaiknya menjalin kerjasama dengan supplier. Merekalah yang menjamin ketersediaan stok di dapur Anda. Dengan kerjasama ini, Anda tidak lagi harus dibuat pusing oleh urusan supplier dan bahan baku. Pastikan suplai bahan baku sesuai dengan standar yang Anda tentukan di awal. Akan lebih baik bila kerjasama ini juga menyepakati masalah termin pembayaran.
  5. Tenaga kerja
    Ada membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dan menjalankan proses masak dan penyajian. Tetapi tidak sesederhana itu mencari tenaga kerja, terutama kalau Anda mencari tenaga kerja untuk dapur. Pastikan kalau Anda sudah memiliki setidaknya seorang tenaga mahir dan terlatih dan bberapa tenaga terlatih dengan pekerjaan dapur. Karena ketika sudah buka, pelayanan lambat akan memberi nilai negatif bagi usaha rumah makan Anda. Kelas target pasar juga erat kaitannya dengan tenaga kerja yang Anda recruit, semakin tinggi kela pasar Anda, semakin mahal juga tenaga kerja yang Anda recruit.
  6. Standar kualitas
    Terkait dengan target pasar Anda, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan terkait standar kualitas sajian. Termasuk pula packaging dari sajian Anda nantinya. Bila Anda bermaksud mentarget pada pasar kelas atas, tentu saja sajian harus Anda pastikan dalam kualitas premium dengan bahan baku terbaik dan proses masak yang tinggi serta penyajian yang mewah. Mau tidak mau Anda harus melibatkan tenaga masak professional. Hal berbeda bila Anda bermaksud membuka rumah makan untuk kelas mahasiswa dimana sajian biasanya ditata dengan model prasmanan dan swalayan. Untuk pasar ini standar kualitas jelas tidak terlalu tinggi namun pasar ini memiliki toleransi yang relatif rendah terhadap harga tinggi

Itulah tadi beberapa langkah awal dalam cara memulai usah sendiri dalam bidang kuliner, yakni usaha rumah makan. Langkah-langkah awal ini akan menjadi kunci awal dari kesuksesan usaha rumah makan Anda, meski masih banyak tahapan berikutnya yang perlu Anda lalui untuk benar-benar sukses dengan usaha baru Anda ini.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

usaha dibidang kuliner, usaha di bidang kuliner, usaha bidang kuliner, Bidang kuliner, bidang usaha kuliner, memulai usaha di bidang kuliner, cara usaha di bidang makanan, biang kuliner, yg perlu di perhatikan untuk memulai bisnis di bidang rumah makan, Dunia usaha di bidang kuliner
Bagaimana Cara Memulai Usaha Sendiri Di Bidang Kuliner Usaha Rumah Makan? Ikuti 6 Tips Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :