Apakah Bimbel Online Termasuk Dalam Bisnis Online Yang Menjanjikan?

Apakah Bimbel Online Termasuk Dalam Bisnis Online Yang Menjanjikan?

Apakah Bimbel Online Termasuk Dalam Bisnis Online Yang Menjanjikan?

Bisnis bimbel online atau online tutoring sebenarnya bukan bidang baru dalam dunia bisnis online. Malah bisnis ini  menjadi salah satu bisnis online yang menjanjikan di skala internasional, Bagaimana bila bimbel online ini Anda buka di Indonesia? Apakah masih tetap menjanjikan?

Trend online tutoring ini berkembang sejak tahun 2007. Berkat semakin berkembangnya layanan internet, maka bermunculan pula beragam forum dan live chat room yang memberikan fasilitas terbaik dalam komunikasi dua arah yang efisien.  Tidak ada lagi jarak karena dalam hitungan detik bahkan seper sekian detik, Anda bisa saling menyapa dengan orang lain dari belahan dunia yang berbeda.

Memanfaatkan konsep chat room inilah kemudian bermunculan jasa kursus via online. Pihak pengajar dari negeri seberang bisa terkoneksi langsung dengan siswanya secara private untuk menyampaikan materi mengenai suatu bidang, menerima pertanyaan dari siswa dan menjawabnya, hingga memberikan soal dan penjelasan penyelesaian.

Konsep ini akhirnya menjadi populer karena di luar negeri sana tidak ada konsep kursus massal macam di Indonesia. Selain itu cara online tutoring ini justru memfasilitasi siswa untuk bertemu dengan tutor terbaik dalam bidangnya. Seorang siswa SMP dari Australia bisa bertemu dengan seorang tutor pengajar muda bidang matematika dari universitas Oxford Inggris. Jelas ide yang mustahil bila Anda mencari kursus secara offline bukan?

Bagaimana dengan prospek bisnis bimbel online ini di Indonesia. Apakah bisa dikategorikan dalam bisnis online yang menjanjikan? Untuk menjawab pertanyaan ini Anda perlu pula melihat beberapa analisa dan fakta-fakta yang muncul di lapangan.

Sebenarnya prospek dari bisnis bimbel dari sudut pandang konvensional memang sudah sangat besar. Prospek muncul berkat adanya peraturan Ujian Nasional dari strata SD hingga SMU, syarat ujian masuk ke universitas negeri dan tingginya kebutuhan akan pemahaman bahasa asing di Indonesia. Jadi terlepas dari konsep online, memang permintaan jasa bimbel cukup tinggi di Indonesia.

Hanya saja permintaan tertinggi terletak pada jasa bimbel dengan sistem kelas. Pada umumnya pilihan ini lebih dicari karena biasanya lebih terjangkau biayanya. Berbeda dengan jasa bimbel private yang jelas akan dihargai lebih tinggi, bahkan kadang tidak terjangkau untuk kalangan tertentu. Meski sebenarnya pengguna sepenuhnya menyadari bahwa ide bimbel private jauh lebih efektif dalam penyampaian materi dan penyerapan materi dibandingkan dengan bimbel dalam kelas.

Kalau melihat dari sudut pandang itu, ide bimbel online jelas memiliki potensi yang cukup layak Anda gali lebih jauh di pasar lokal. Pasalnya pada umumnya bimbel online bersifat pelayanan private, jadi sistem pengajaran akan fokus pada satu siswa. Meski hanya dengan cara online, tentu saja bisa lebih optimal dari sekedar sistem dalam kelas.

Walau dengan cara online, sebenarnya segala prinsip dasar dalam kelas private bisa Anda terapkan. Anda bisa menyampaikan materi sesuai dengan kebutuhan secara personal dari siswa. Selain itu, siswa bisa meminta secara khusus pendalaman atas satu materi. Tidak ubahnya dengan bimbel private konvensional kan? Malah biasanya dengan biaya yang lebih terjangkau dari bimbel private biasa.

Malah dengan cara ini, Anda yang berada di kawasan dengan keterbatasan fasilitas bimbel, bisa mendapatkan mentor dari kota besar dengan kualifikasi terbaik. Kenapa tidak dengan adanya internet, tidak ada lagi batasan jarak kan?

Menariknya lagi Anda bisa menjalankan bisnis online yang menjanjikan ini dengan mudah dan murah meriah. Tidak sulit kok menyiapkan bisnis ini, karena sebenarnya bisnis online satu ini hanya layak dikerjakan oleh mereka dengan kemampuan dan latar belakang yang sesuai. Jadi seharusnya segala materi, soal-soal hingga penyelesaian sepenuhnya bukan masalah.

Malah sebenarnya kini sudah banyak penyedia materi bimbel yang menjual modul melalui internet. Jadi Anda bisa membeli modul-modul dan silabus khusus bimbel sesuai dengan bidang studi yang Anda kuasai, bisa lebih efisien tentunya.

Buka web resmi dan facebook page sebagai media promosi online dan portal Anda. Kemudian sediakan chat room terbaik untuk Anda gunakan sebagai sarana pertemuan. Anda bisa mengunduhkan materi melalui chat room ini kepada siswa.

Yang menjadi masalah terbesar adalah, belum populernya pilihan ini dimasyarakat. Masih banyak orang tua yang seringkali belum familier dengan internet merasa ragu akan mendapatkan hasil optimal dari cara ini. Jadi tugas utama Anda adalah mempromosikan bisnis online Anda ini dengan efektif. Fokuskan pada sosialisasi konsep pengajaran Anda dan hasil yang bisa Anda capai dengan konsep tersebut.

Anda bisa memulai dengan berpromosi dengan penyebaran brosur, presentasi di depan orang tua murid atau guru disekolah. Cara ini bisa mengubah stigma yang salah dari kelas online ini. Setidaknya Anda bisa mendapatkan siswa-siswa pertama Anda dari cara ini.

Karena selanjutnya bergantung pada Anda. Sejauh mana Anda bisa mensukseskan “produk-produk” pertama Anda ini. Bila Anda bisa menghantarkan keberhasilan, bukan soal yang sulit untuk meminta kesaksian mereka atas bimbel Anda. Dari sinilah Anda bisa menghantarkan bisnis ini menuju sukses.

Nah sekarang, apakah menurut Anda bisnis bimbel online layak menjadi bisnis online yang menjanjikan? Meski dari segi prospek masih samar, bukan mustahil Anda bisa meraih sukses dengan bisnis ini. –Tim Siap Bisnis

Tag:

bisnis bimbel online, bisnis buka nimbel 2017, cara membangun bimbel online, Cara membuat bimbel online
Apakah Bimbel Online Termasuk Dalam Bisnis Online Yang Menjanjikan? | Hari Murti | 4.5

Komentar :