Anda Jago Jahit? Coba Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Berikut Ini

Anda Jago Jahit? Coba Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Berikut Ini

Anda Jago Jahit? Coba Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Berikut Ini

Memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang jahit menjahit dan fashion ternyata memberi Anda cukup banyak kesempatan bisnis yang memiliki potensi besar. Beberapa bisa menjadi usaha rumahan dengan modal kecil. Modal terbesar Anda hanya menyediakan peralatan jahit lengkap yang kisarannya tidak lebih dari 5 juta Rupiah.

Lalu usaha rumahan dengan modal kecil apa saja yang bisa Anda jalankan dengan mengandalkan kemampuan jahit menjahit?

Cukup banyak, Anda bisa menjajal usaha butik kebaya, butik pakaian muslim, pakaian anak hingga mukena, kerudung perabot, gorden dan sprei. Dalam hal ini, Anda tidak hanya dituntut harus mahir dalam jahit menjahit, tetapi juga pandai dan kreatif dengan desain-desain yang menawan. Karena semakin ciamik hasil desain Anda, semakin cepat Anda menghasilkan.

Khusus kali ini saya akan mengajak Anda melihat potensi bisnis rumahan dari usaha pembuatan mukena. Pilihan ini saya ambil karena saya lihat usaha satu ini memiliki prospek untuk menjadi bisnis rumahan dengan untung besar.

Ada tiga hal yang menyebabkan usaha rumahan ini mampu mengeruk hasil besar, yakni :

  1. Kejenuhan pasar
    Pasar mulai jenuh dengan produk mukena konvensional yang biasanya berwarna putih dengan bordir. Anda bisa mencuri minat pasar dengan menghadirkan mukena dengan warna dan gaya yang lebih segar. Misalkan dengan menggunakan bahan katun jepang yang full warna atau bahan Spandeks yang lentur. Lakukan terobosan menarik dalam desain dengan tetap memperhaikan urusan syar’i. Gaya ini bisa menadi pilihan alternatif memikat untuk mereka yang bosan untuk tampil segar dengan mukena mereka.
  2. Margin besar
    Usaha rumahan Anda ini mengarah pada pelayanan pembuatan mukena custom. Apapun yang custom selalu bersifat personal. Itu tandanya mukena buatan Anda juga bersifat original. Dengan konsep ini pasar akan memaklumi bila Anda memasang harga lebih tinggi. Dengan biaya bahan baku yang standard dan proses produksi yang sebenarnya cukup sederhana dibandingkan dalam pembuatan pakaian atau kebaya sebenarnya harga pokok produk Anda cukup rendah. Apalagi kalau Anda membeli bahan kain secara gulungan. Tetapi Anda cukup aman menjual produk Anda dengan margin 2 kali lipat dan tetap saja laku di pasaran.
  3. Promosi efektif
    Biasanya dalam menjual produk mukena custom ini para pembuat dan penjualnya hanya menjajakan produk melalui toko online. Cara ini sangat efektif untuk mendatangkan penjual dari segaal penjuru dengan reseller yang datang dari banyak kota di seluruh Indonesia. Malah kini Anda juga bisa mendapatkan konsumen dari beberapa negara yang juga menggemari gaya segar dari mukena Indonesia, macam dari Malaysia, Turki, Brunei hingga Thailand dan Mesir. Beberapa pelaku usaha mukena katun jepang mengakui mulai mendapat permintaan dari negara-negara ini secara berkala.

Beberapa pelaku usaha mukena custom ini menjadi bukti nyata dari besarnya prospek usaha rumahan dengan modal kecil ini. Salah satunya adalah Ibu Rheina dari Bandung yang memproduksi mukena boneka. Mukena khusus anak dengan hiasan boneka kartun di sisi depan. Dengan berbekal pengalaman sebagai buruh di pabrik boneka, beliau mempraktekan kemampuannya membuat boneka dan melekatkannya pada mukena.

Beliau merintis usaha rumahannya ini sejak 2010 dan kini setiap harinya sudah mampu menjual sekitar 75 mukena, dan bisa meledak pada momen lebaran hingga 200 mukena. Usaha yang kini memiliki 3 karyawan ini sudah mampu menghasilkan omset rata-rata hingga 7 jutaan perbulan.

Berbeda dengan seorang ibu bernama Sawitri yang berdomisili di Surabaya. Dengan bermodal peralatan jahit peninggalan ibunya, beliau mencoba membuat sendiri mukena seragam untuk dirinya dan kedua anak perempuannya di hari lebaran tahun 2011. Banyak kerabatnya jatuh cinta dengan mukena seragam keluarga yang cantik ini dan meminta untuk dibuatkan.

Melihat tingginya tanggapan yang muncul, Ibu Sawitri mencoba membuat usaha mukena custom dengan bahan katun beragam jenis dan mempromosikannya melalui facebook. Tampaknya ibu Sawitri ini cukup pandai dalam desain, sehingga mukennya tidak sekedar tampil cantik dalam corak dan warna yang indah, tetapi dengan desain renda, twill dan kerutan-kerutan cantik yang membuat mukena buatannya tidak pasaran.

Tidak butuh waktu lama untuknya mendapat permintaan yang tinggi. Dalam 3 bulan saja beliau sudah bisa menjual 20 pc mukena setiap bulannya. Dan kini dalam satu bulan beliau bisa mendapatkan setidaknya omset sekitar 10 juta dan akan meledak hingga 30-40 juta kala menjelang lebaran.

Nah…benar kan ini dia ide segar untuk membuka usaha rumahan dengan modal kecil yang layak Anda pertimbangkan. Benar-benar dengan modal minim, cukup seperangkat mesin jahit denganperalatan pendukung lain. Anda baru akan memproduksi mukena ketika ada pesanan dan kadang Anda tidak mutlak harus menyetok kain, bila Anda berhasil bekerja sama dengan distributor kain.

Itu tadi salah satu ide segar untuk usaha rumahan dengan modal kecil, lain waktu akan saya lanjutkan informasi seputar usaha rumahan lain yang bisa Anda mulai dengan modal minim. –Tim Siap Bisnis

Tag:

bisnis menjahit sukses, usaha menjahit, ongkos jahit rumahan, usaha jahit rumahan, usaha menjahit rumahan, Bisnis mukena, usaha dengan mesin jahit, peluang usaha jahit, usaha jahit, bisnis jahit
Anda Jago Jahit? Coba Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Berikut Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :