Anda Jago Desain? Tangkap Peluang Design Kaos Distro

Anda Jago Desain? Tangkap Peluang Design Kaos Distro

Anda Jago Desain? Tangkap Peluang Design Kaos Distro

Bila Anda memiliki minat yang mendalam dengan dunia desain, baik itu desain fashion atau desain grafis. Terlebih bila Anda juga memiliki latar belakang dunia desain misalkan sekolah desain fashion atau sekolah desain grafis. Pastinya Anda tau betapa besarnya peluang dari bisnis desain kaos distro.

Di sini fokus Anda dalam berbisnis bukan pada produk kaos distro melainkan pada jasa Anda sebagai pakar desain. Dengan mengubah sudut fokus, maka kini Anda lebih menjual jasa Anda ketimbang produk itu sendiri.

Menariknya, dengan menjual jasa, maka modal Anda terbesar bukan terletak pada mesin-mesin cetak sablon digital atau pada alat jahit. Tetapi pada kreatifitas dan ide-ide memikat yang Anda telurkan dalam desain kaos karya Anda.

Lalu bagaimana cara kerja dari bisnis desain kaos distro ini?

Sederhananya Anda hanya menjual ide kreatif. Anda bisa menjualnya langsung pada konsumen. Di sini Anda sebenarnya tidak menawarkan produk, tetapi dengan berdasar ide Anda tadilah produk kaos distro dibuat. Anda bisa menjalin kerjasama dengan penjahit dan penyablon untuk mewujudkan desain kreasi Anda tadi.

Tetapi menariknya, ide kreatif Anda ternyata tidak sempit hanya bisa Anda jual pada konsumen. Anda juga bisa menjual ide kreasi Anda tadi pada produsen kaos distro. Jadi produsen membeli ide Anda untuk mereka wujudkan menjadi kaos distro.

Meski tampaknya cukup unik, bisnis ini sangat potensial. Pasalnya dengan model usaha desain kaos distro tadi, Anda tidak mutlak untuk menyiapkan segala peralatan pembuatan kaos distro.Ini artinya Anda bisa menekan biaya dengan cukup rendah.

Padahal usaha ini mampu membukukan omset yang tidak kecil. Dengan pasar yang sangat luas dan potensi pasar yang demikian besar Anda bisa mengeruk hasil dobel, dari pasar produsen dan dari pasar konsumen akhir. Bahkan ada pula pelaku usaha jenis ini yang melayani pesanan custom kaos, desain kaos sepenuhnya berdasar permintaan konsumen. Dengan melayani pesanan dari kelompok permintaan ini Anda bisa memasang harga jasa Anda lebih mahal.

Salah satu bukti nyata bisa Anda lihat dari seorang pelaku usaha desain kaos distro bernama Elman dari kawasan Bandung. Jasanya sudah dibeli oleh beberapa produsen kaos distro di kota yang memang terkenal sebagai pusat industri distro saat ini. Selain dari kalangan produsen, ternyata Elman juga memiliki konsumen dari kelompok komunitas.

Tercatat beberapa fans club artis ternama lokal maupun luar negeri di berbagai kota di Indonesia sudah menggunakan jasanya untuk desain kaos seragam komunitas. Selain itu Elman juga pernah mendapatkan pesanan desain kaos distro khusus seperti kaos komunitas punk, Harley Davidson Indonesia hingga kaos komunitas lingkungan.

Untuk satu jasa desain buatannya Elman menawarkan harga kisaran 200 ribu hingga 1 juta permodel. Harga jasanya bergantung pada kerumitan dari desain buatannya. Bila kemudian pihak konsumen memesan sekaligus untuk dicetakan, biasanya Elman menjalin kerjasama dengan perusahaan cetak sablon rekanannya. Harga kaos dan cetak sablonnya biasanya sesuai dengan tarif yang rekannya bandrolkan ditambahkan sedikit biaya tambahan.

Dalam satu bulan, Elman bisa menerima pesanan jasa desain mulai dari 10 hingga 20 model. Dalam satu bulan, untuk jasa desain saja, Elam mengaku bisa membukukan hasil setidaknya 4 juta hingga lebih. Hasil sebesar ini terhitung bersih karena untuk membuat sebuah desain kaos distro, Elman hanya membutuhkan komputer dan peralatan gambar bila dibutuhkan.

Elman yang pernah berlatar belakang karyawan desain dalam industri kaos distro ternama di Bandung ini hanya berfokus untuk menjual jasanya melalui blog miliknya yang dikelola oleh sang istri sejak tahun 2010. Kesibukannya menyita waktunya sehingga tidak sempat mengelola blog, jadilah sang istri yang mengambil alih pengelolaan blog. Promo dengan blog menurut Elman sangat efektif mempertemukannya dengan banyak komunitas di penjuru Indonesia yang membutuhkan desain custom untuk kaos seragam mereka, yang notabene adalah salah satu pasar terbesarnya.

Kiat Elman dalam menjual jasa desain akos distro adalah dengan selalu menambah khasanah pengetahuannya mengenai perkembangan desain fashion dan sablon di dunia. Beliau juga selalu tidak luput mengikuti perkembangan gaya busana dari para artis kenamaan baik lokal maupun internasional yang menjadi haluan fashion di kalangan penggemar kaos distro.

Cara ini memberinya banyak bantuan inspirasi dalam membuat desain.Terutama untuk memenuhi permintaan dari kalangan penggemar musik yang kadang memesan desain khusus yang identik dengan artis idola mereka.

Kreatifitas memang adalah sebuah modal terbesar dalam bisnis, ini terbukti dengan kesuksesan Elman yang hanya berawal dari kegigihannya menjual kemampuannya dalam membuat desain kaos distro menjadi ajang menumpuk pundi-pundi keuntungan. Jadi kalau Anda juga jago dalam desain, kenapa tidak mencoba menjajal jejak yang sama? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

cara menjual desain kaos, usaha desain kaos, bisnis desain kaos, bisnis desain kaos online, tempat jual desain kaos distro, jual desain kaos, usaha desain baju, jual desain kaos distro, bisnis desain baju, cara jual desain kaos
Anda Jago Desain? Tangkap Peluang Design Kaos Distro | Hari Murti | 4.5

Komentar :