8 Tips Dalam Melancarkan Perencanaan Pemasaran Pada Tahun 2014

8 Tips Dalam Melancarkan Perencanaan Pemasaran Pada Tahun 2014

8 Tips Dalam Melancarkan Perencanaan Pemasaran Pada Tahun 2014

Tahun berganti, tidak ada salahnya Anda melakukan refresh atas teknik-teknik dan strategi Anda dalam menjalankan usaha. Termasuk membangun kembali perencanaan pemasaran dengan cara dan teknik paling mutakhir. Tentunya untuk menyempurnakan langkah-langkah Anda di tahun sebelumnya.

Salah satu yang layak mendapat sentuhan resolusi 2014 adalah perencanaan pemasaran. Perubahan dalam trend dan semakin pintarnya pasar menjadi perubahan yang patut Anda adaptasi. Tetapi tidak mudah membuat kembali perencanaan pemasaran. Karenanya saya coba membahas 8 tips dalam membuat perencanaan pemasaran.

  1. Buat Budger pemasaran yang adaptif
    Ada sangat banyak peristiwa impulsive yang bisa terjadi dan seharusnya Anda dengan produk Anda bisa ambil bagian. Semua peristiwa impulsive bisa berarti juga peristiwa yang terjadi mendadak dan tanpa persiapan. Artinya pula aksi Anda dalam kesempatan tersebut juga harus bersifat impulsive.

    Itu sebabnya harus ada budget yang sangat adaptif, fleksibel dengan keadaan. Demi bisa mengambil setiap kesempatan pemasaran yang Anda dapatkan. Berikan ruang yang cukup untuk memberikan lebih banyak gerakan dalam pemasaran.
  2. Buat website menjadi lebih simpel
    Sebuah survey mengatakan kalau 52 % pelaku usaha kecil tidak memiliki website. Padahal justru dengan website inilah Anda bisa merengkuh konsumen dari banyak tempat di pelosok Indonesia. Tetapi yang lebih disayangkan lagi adalah dari 48 % pelaku usaha yang sudah menggunakan website bisnis, banyak diantaranya mengeluhkan website mereka tidak efektif. Sadarkah Anda apa yang menyebabkannya?
    Ternyata salah satu alasan sebuah website tidak laku adalah penggunaan warna dominan lengkap dengan ornament yang berlebihan. Sebenarnya trend saat ini lebih menyukai sesuatu yang simpel dan minimalis, termasuk desain. Jadi sederhanakan tampilan website Anda, kurangi ornamennya dan tentu saja netralkan warnanya. Style website macam ini akan memudahkan mata melihat dan membaca informasinya.
  3. Manfaatkan mobile optimize untuk website
    Salah satu perkembangan dunia IT yang patut Anda perhatikan adalah sistem mobile yang juga turut  berkembang. Saat ini aktivitas mobile internet semakin tinggi, berkat semakin tinggi pula kemampuan hape dalam melakukan browsing dan surfing.
    Andalah yang harus menjemput bola dengan menggunakan sistem  mobile optimize  sehingga nyaman dibuka di mana saja dan kapan saja. Kemudahan ini semakin meningkatkan potensi website Anda.
  4. Manfaatkan tenaga online
    Ketimbang merekruit  beberapa tenaga kerja khusus untuk mengelola web Anda, kenapa Anda tidak justru mencari tenaga freelance online yang kini bertebaran di internet. Secara khusus mereka akan bekerja secara profesional namun dengan harga jasa yang lebih terjangkau. Menjadi terjangkau karena Anda tidak perlu memikirkan biaya makan siang dan transportasi.
  5. Menggila bersama sosial media
    2013 sudah menununjukan bagaimana pesatnya pertumbuhan sosial media. Anda bisa menyebutnya satu persatu dan jelas tidak cukup dengan 10 jari Anda. Uniknya setiap sosial media memiliki  karakter dan pengguna yang berbeda. Bila 5 tahun lalu Anda hanya bisa berpuas-puas dengan facebook, maka kini Anda harus memutuskan sosial media mana yang harus Anda pilih.
    Sesuaikan dengan karakter dan pengguna sosial media tadi denga karakter dan image dari produk Anda. Meski facebook masih menjadi juara dalam jumlah pengguna, tidak lantas dipastikan facebook adalah yang paling tepat untuk bisnis Adda.
  6. Jangan hapus testimoni negative
    Kini konsumen semakin cerdas. Mereka mulai sadar ketika testimoni Anda hanya berisi pujian tanpa akhir, sebenarnya Anda tidak sepenuhnya jujur dengn testimoni mereka. Seharusnya kini, biarkan saja testimoni negative muncul.
    Yang harus Anda lakukan bukan menghapusnya, tetapi  memberikan jawaban yang tampak profesional dan tidak menimbulkan reaksi negative. Semakin baik cara Anda dalam menanggapi testimoni negative, justru semakin menunjukan profesionalitas Anda. Konsumen mana yang tidak ingin dilayani dengan profesional?
  7. Jangan abaikan perencanaan pemasaran offline
    Duduk dibelakang meja dengan laptop, sembari menghabiskan waktu di hadapan website dan . sosial media, mungkin bisa menjadi pilihan perencanaan pemasaran yang cukup efektif. Tetapi konsumen manapun selalu mencari  produk dimana mereka bisa menyentuhnya, penjual dengan tangan yang bisa mereka jabat dan  senyuman pelayanan ramah dihadapan mata. Jadi jangan tutup aktivitas bisnis offline Anda. Karena sebenarnya kedua sisi bisa menjadi dua pilar yang bekerja bersama menopang bisnis Anda.
  8. Buat data hasil pelaksanaan perencanaan pemasaran Anda
    Yang sering sekali diabaikan banyak pelaku usaha adalah membuat result atau hasil akhir dari pelaksanaan sebuah rencana. Tetapi jangan ulangi lagi hal demikian dalam tahun 2014 ini. Karena peta persaingan demikian ketat, aktivitas pemasaran juga sangat pada.
    Jangan biarkan langkah Anda ternyata tidak efektif, tetapi karena tidak Anda sadari  Anda terus mengerjakannya..Anda tidak akan tau sejauh mana efektifitas perencanaan Anda bila Anda tidak membuat penilaian. Itu sebabnya jangan abaikan pembuatan pelaporan dan lakukan tersu secara periodik.

Kini Anda semakin siap untuk membuat resolusi terbaru dalam perencanaan pemasaran Anda di tahun 2014 kan? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

bagaimana cara melancarkan bisnis online, cara melancarkan oemasaran, cara melancarkan usaha rumahan, kiat kiat kusus melancarkan bisnis online, tips melancarkan bisnis online
8 Tips Dalam Melancarkan Perencanaan Pemasaran Pada Tahun 2014 | Hari Murti | 4.5

Komentar :