8 Tips Bisnis Rumahan Modal Kecil Warung Sembako Sederhana, Baca Tips Ini Baik-Baik

8 Tips Bisnis Rumahan Modal Kecil Warung Sembako Sederhana, Baca Tips Ini Baik-Baik

8 Tips Bisnis Rumahan Modal Kecil Warung Sembako Sederhana, Baca Tips Ini Baik-Baik

Bisnis yang satu ini memang tidak akan mati karena pergantian jaman. Karena kebutuhan orang akan sembako memang tidak akan berubah walau dunia internet terus berkembang, walau industry kreatif menjadi raja di pasar dan masih banyak fenomena lain. Ya, bisnis ini selalu memiliki peluang yang besar bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis rumahan modal kecil.

Baca juga : Bisnis kuliner yang menjanjikan

Umumnya,  bisnis rumahan modal kecil warung sembako dengan mudah Anda jalankan dengan menggunakan ruang kosong yang ada dirumah. Bebas tuntutan akan keahlian dan kemampuan khusus, karena modal Anda hanya stok dan pelayanan yang baik. Untuk memulai bisnis ini ada beberapa yang Anda harus siapkan, berikut saya akan ulas lebih lanjut :

  1. Ruang Usaha
    Karena Anda akan menjalankan  bisnis rumahan modal kecil ini di rumah Anda carilah ruang kosong dirumah Anda. Tentu saja agar mudah dijangkau pembeli, carilah ruangan yang mudah dijangkau pembeli. Misalnya Anda dapat menggunakan garasi atau ruang lainnya yang dapat dimasuki orang lain tanpa harus berputar-putar.
  2. Peralatan Usaha
    Untuk warung sembako peralatan yang diperlukan cukup sederhana. Anda cukup menyediakan etalase, timbangan, ATK, kalkulator, toples-toples yang mungkin bisa digunakan sebagai tempat menaruh sesuatu.
  3. Produk
    Sediakan barang yang akan dijual. Akan lebih baik jika Anda melakukan analisis pasar. Jadi Anda bisa menyediakan barang-barang yang kira-kira memang diperlukan oleh calon pembeli. Kemudian mulailah mencari suplier-suplier yang memiliki harga kulakan relatif lebih murah dan lengkap. Perlu dipikirkan juga mengenai jarak kulakan. Anda tidak mau kan keuntungan yang didapatkan menjadi kecil karena harus mengeluarkan biaya transport karena jarak yang jauh. Sebaiknya mencari kulakan yang lengkap juga, selain lebih hemat waktu, Anda juga bisa meminta spesial harga jika Anda membeli dalam jumlah yang banyak.
  4. Posisi Warung
    Buatlah warung Anda semenarik mungkin. Perhatikan kebersihan dan kerapihan warung Anda. Dengan penataan yang rapi akan memudahkan pembeli melihat produk-produk yang Anda jual. Dan pastikan ketersediaan barang jangan sampai banyak barang kosong karena Anda lupa untuk mengecek.
  5. Harga sembako
    Warung sembako memiliki berbagai macam barang yang dijual, dimana harganya juga akan bermacam-macam. Ada beberapa produk yang harganya selalu tetap seperti sabun, pasta gigi, dan sebagainya. Namun ada juga produk yang memiliki kenaikan dan penurunan harga yang bisa terjadi setiap hari seperti beras, minyak, telur dan sebagainya. Karena itu Anda harus update untuk memantau harga. Jangan sampai Anda rugi menjual dengan harga murah, padahal di pasaran harga sudah mahal.
  6. Pelayanan
    Bayangkan kalau Anda membeli di sebuah warung dimana penjaga warungnya selalu pasang wajah merengut seolah kesal dengan semua konsumennya, apakah Anda siap datang lagi ke sana esok harinya. Daripada Anda harus kehilangan konsumen hanya gara-gara wajah Anda yang tidak ramah, lebih baik Anda selalu pastikan Anda dan karyawan Anda (bila ada) selalu memasang wajah cerah dan melayani dengan ramah bukan? Selain itu, adang lebih baik lagi jika Anda membuka warung Anda lebih pagi atau lebih malam dari pesaing Anda. Hal ini pasti lebih disukai pembeli karena pembeli tahu bahwa warung Anda dapat diandalkan saat warung-warung yang lain masih atau sudah tutup.
  7. Strategi pemasaran
    Sekalipun ini warung sembako sederhana, tetaplah harus memakai strategi pemasaran. Karena bisnis rumahan ini berada di sekitar perkampungan atau perumahan maka yang paling ampuh adalah strategi mouth to mouth, pemasaran dari mulut ke mulut. Anda perlu memberitahukan kepada masyarakat sekitar bahwa Anda memiliki usaha warung sembako.Dan untuk menandai keberadaan warung sembako tersebut, maka Anda dapat memasang spanduk. Dalam spanduk itu bisa berisi nama warung sembako Anda dan produk apa saja yang dijual.
  8. Komunikatif
    Cara terbaik mengatasi persaingan dalam bisnis rumahan modal kecil macam ini adalah kemampuan Anda dalam membangun komunikasi dengan konsumen. Tampung saran mereka dan coba cari tau apa yang kerap mereka butuhkan dan belum tersedia dalam warung Anda. Ini membantu Anda memberi pelayanan lebih optimal untuk konsumen Anda.

Itu tadi beberapa saran yang bisa Anda kembangkan dalam bisnis rumahan modal kecil warung sembako sederhana yang Anda buka. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi pengembangan usaha kecil Anda. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : batam.tribunnews.com

Tag:

cara memulai usaha sembako dengan modal kecil, warung sembako, usaha sembako, bisnis sembako, toko sembako, usaha warung, warung kelontong sederhana, warung sembako sederhana, usaha warung sembako, usaha toko sembako
8 Tips Bisnis Rumahan Modal Kecil Warung Sembako Sederhana, Baca Tips Ini Baik-Baik | Hari Murti | 4.5

Komentar :