7 Tips Menjalankan Bisnis Untuk Mahasiswa Dengan Modal Minim

7 Tips Menjalankan Bisnis Untuk Mahasiswa Dengan Modal Minim

7 Tips Menjalankan Bisnis Untuk Mahasiswa Dengan Modal Minim

Kami berkali-kali membahas mengenai bagaimana cara dan teknik serta juga di sertai banyak contoh contoh usaha seputar bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil atau malah tanpa modal. Kali ini kembali kami akan mencoba mengupas mengenai bagaimana tips dalam menjalankan bisnis dengan modal minim supaya tetap sukses dan menorehkan keberhasilan.

Bisnis dengan modal minim, biasanya merupakan pilihan bisnis untuk mahasiswa, pasalnya kocek para mahasiswa ini terbilang tipis, tetapi mereka punya banyak ide-ide segar yang ingin mereka realisasikan. Apalagi kebanyakan mahasiswa tingkat akhir memiliki cuku waktu luang untuk menjalankan sebuah bisnis dengan ketekunan tinggi, memiliki fleksibilitas untuk terus bergerak karena masih cukup muda, tidak punya tanggungan keluarga dan memang cenderung lebih dinamis.

Tetapi meski sebagai mahasiswa, mereka sudah memilikisederet prasyarat untuk bisa menjalankan bisnis untuk mahasiswa ini, tidak lantas mereka bisa langsung sukses. Ada beberapa hal yang perlu mereka jalankan supaya bisnis modal minim mereka berjalan sukses. Seperti beberapa hal berikut ini.

  1. Pilih bisnis yang memang cukup dikuasai
    Pastikan Anda memilih bisnis dimana Anda memang memahami betul seluk beluknya, akan lebih baik kalau ini adalah bidang yang menjadi gairah Anda. Ini membantu pelaku bisnis untuk tidak perlu keluar modal besar untuk proses pembelajaran dan menekan biaya dari kesalahan dalam proses persiapan dan pelaksanaan. Dan Anda bisa menjalankan dengan lebih enjoy ditengah tekanan modal yang super minim ini.
  2. Manfaat jaringan yang sudah Anda miliki
    Jangan ragu menarik keluarga Anda, rekan kuliah Anda atau malah dosen Anda untuk menjadi konsumen pertama Anda. Ikatan mereka sebagai kolega akan membuat mereka sukarela membantu Anda mempromosikan usaha Anda, dengan gratis. Asal tentu saja Anda sudah memastikan Anda siap memuaskan mereka pada saat menjajal pertama produk Anda.
  3. Gunakan biaya dengan efisien
    Hindari peralatan yang belum terlalu penting Anda miliki selama alat tersebut tidak menurunkan kualitas pelayanan Anda. Upayakan Anda selektif dalam melakukan pengeluaran dan sebisa mungkin menjaga setiap biaya yang Anda keluarkan memang bersifat urgensi tinggi untuk bisnis Anda. Selalu coba cari substitusi yang lebih murah untuk kebutuhan Anda, asal biaya pencarian Anda sendiri tidak menjadi satu bentuk pemborosan baru.
  4. Giring pendapatan usaha Anda untuk kebutuhan perusahaan
    Dari pada Anda membeli semua peralatan dan kebutuhan usaha Anda di awal dan menjadikannya beban kredit yang memberatkan. Coba lebih selektif mana saja peralatan yang sekiranya bersifat sangat penting dan mutlak untuk bisnis Anda dan mana yang masih bisa Anda tunda. Lalu penuhi kebutuhan peralatan ini secara perlahan dan bertahap dengan keuntungan yang Anda dapatkan. Dengan kata lain, Anda belum bisa mengeruk untung untuk keperluan pribadi Anda bila Anda memulai bisnis tanpa modal, pasalnya keuntungan Anda perlu Anda manfaatkan untuk pengembangan skala usaha Anda.
  5. Upayakan pendapatan Anda kas
    Anda bisa saja menerapkan sistem pembayaran dengan sistem angsuran untuk klien-klien Anda. Tetapi cara ini memaksa Anda menyiapkan modal cadangan untuk perputaran usaha. Jadi untuk Anda yang bermain dengan modal minim, cara ini sama sekali tidak cocok dan bisa menghabiskan bisnis Anda hanya dalam satu putaran modal saja.
  6. Modal Anda adalah tenaga Anda
    Anda yang membuka bisnis untuk mahasiswa dengan modal minim memang sebaiknya mahasiswa yang sudah tak lagi dipadati oleh aktivitas perkuliahan yang padat. Karena dengan modal minim, jelas akan berat bagi keuangan usaha bila Anda harus menyewa banyak tenaga kerja. Malah sebisa mungkin segalanya Anda kerjakan sendiri, mulai dari produksi, pemasaran sampai keuangan dan dealing dengan klien. Karena di sini tenaga Anda dan kemampuan Andalah modal utama Anda, jadi Anda memang harus bekerja keras.
  7. Cari solusi gratis atau minim biaya
    Sebisa mungkin temukan cara gratis untuk menjalankan apapun dalam usaha Anda. Cari teknik pemasaran gratis, cari sistem pengantaran barang yang paling murah meriah, temukan sahabat terbaik Anda untuk membantu Anda mempelajari sistem pembukuan sederhana dengan gratis dan masih banyak cara gratis dan murah lain.

Itulah tadi 7 tips untuk Anda bisa membangun bisnis untuk mahasiswa dengan modal super minim. Bila anda bersungguh sungguh dan memberikan seluruh energi Anda untuk bisnis kecil Anda ini, bisa jadi dalam hitungan waktu yan pendek bisnis untuk mahasiswa ini bisa menjadi bisnis masa depan Anda.-Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.simpletuition.com

Tag:

bisnis bermodal kecil sekali dan untung berkali-kali, bisnis sekali kerja untungnya berkali kali, cara bisnis murah mahasiswa
7 Tips Menjalankan Bisnis Untuk Mahasiswa Dengan Modal Minim | Hari Murti | 4.5

Komentar :