7 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan Swasta

Usaha sampingan untuk karyawan swasta adalah sesuatu yang biasa dan tidak dilarang oleh perusahaan. Banyak karyawan yang beranggapan harus mempunyai modal besar untuk bisa menjalankan bisnis sampingan. Tidak heran, beberapa dari mereka rela meminjam uang ke bank untuk modal usaha.

Besar kemungkinan, jika tidak bisa dikelola dengan baik, pinjaman tersebut bisa membebani usahanya. Berita baiknya, Anda dapat menjalankan usaha sampingan hanya dengan modal yang kecil. Berikut ini 7 ide usaha sampingan yang hanya perlu modal Rp10 juta untuk bisa memulainya :

  1. Jasa Laundry

Supaya menguntungkan, hal pertama yang wajib Anda pertimbangkan adalah pasar. Sebaiknya cari tempat yang memiliki banyak mahasiswa dan juga karyawan. Mengapa? Karena mahasiswa dan juga karyawan adalah pangsa terbesar dalam jasa ini. Dengan demikian, tidak mengherankan jika keuntungan yang Anda peroleh sebesar 15% sampai 25%.

Untuk urusan modal, Anda hanya cukup punya uang Rp10 juta. Malahan, Anda dapat memulainya hanya dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk bisa membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis dan mesin pengering. Setengahnya lagi untuk perangkat pendukung dan gaji seorang pegawai.

  1. Menjual pulsa elektrik

Menjual pulsa adalah ide bisnis yang menjajikan karena meningkatnya pengguna smartphone. Kabarnya, pebisnis pulsa di Jakarta mempunyai omset Rp20 triliun dalam setahun. Jika Anda mau berbisnis pulsa, Anda dapat memilih pulsa elektrik sebagai tahapan awal.

Selain tidak harus berbentuk kartu yang perlu tempat, pulsa elektrik dapat diaktifkan melalui smartphone Anda sehingga relatif tidak akan merepotkan.Untuk memulai bisnis ini, modal yang Anda sediakan yaitu berkisar dari Rp1 juta sampai Rp3 juta.

  1. Menyediakan makanan untuk sarapan

Menyediakan makanan untuk sarapan adalah usaha sampingan yang menjanjikan untuk Anda. Hal ini karena banyak sekali karyawan yang kerepotan menyediakan sarapannya sendiri. Selain itu, menu yang bisa Anda tawarkan contohnya bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning dan juga gorengan.

Modal yang perlu Anda miliki sekitar Rp4 juta per bulan. 80% uang tersebut untuk membeli bahan baku. Sisanya untuk membeli bahan bakar dan juga transportasi. Dengan modal itu, Anda bisa berpeluang mendapatkan penghasilan bersih hingga Rp2 juta per bulan.

  1. Menjual foto di internet

Untuk tahap awal, cobalah pada dua situs penjualan foto terpuler yaitu : Istockphoto.com (komisi 15% setiap foto) dan ShutterStock.com (komisi 20 sampai 30%).Siapkan juga PayPal untuk pembayaran agar Anda mudah dalam menerima komisi yang akan diperoleh dari situs-situs tersebut.

Modal yang harus Anda siapkan untuk usaha sampingan ini bisa dibilang tanpa modal. Asumsinya Anda hanya menggunakan kamera digital dan koneksi internet.

  1. Membuat blog

Pondasi untuk menghasilkan uang dari blog adalah postingan yang berkualitas. Anda dapat mencobanya dengan menulis postingan sesuai tentang pekerjaan Anda sekarang. Strategi ini memudahkan Anda dalam pembuatan postingan. Berita bagus lainnya adalah modal yang harus Anda sediakan untuk bisa memulai ngeblog paling hanya Rp1 juta setahun.

Asumsinya, Anda membeli domain dan juga hosting di penyedia hosting yang lokal dan membuat postingan anda sendiri. Bahkan anda dapat menggunakan platform blog gratisan, contohnya Blogspot.com.

  1. Membuat toko online

Di lihat dari barang yang dijual, Anda dapat menjual barang sendiri ataupun barang orang lain. Barang fisik yang umum dijual adalah pakaian, obat herbal, tas, dan kaos. Sementara itu, barang digital adalah ebook, software, theme, plugin hingga video tutorial.

Modal yang harus Anda siapkan untuk bisa membuat toko online tidaklah besar. Sebagai contoh, modal Anda dapat seperti modal ngeblog di atas jika Anda bisa mendesain sendiri toko online Anda. Jangan takut, karena sekarang ini banyak sekali template gratis toko online.

  1. Jasa cuci motor

Di lingkungan Anda banyak para pemilik motor? Mengapa tidak Anda coba untuk membuat jasa cuci motor. Dari sisi peralatan juga cukup sederhana, Anda hanya harus menyediakan pompa air, kompresor, shampoo motor dan peralatan untuk semir ban motor.

Dari sisi modal, Anda hanya cukup memiliki modal Rp2 juta untuk bisa memiliki jasa cuci motor yang sederhana. Modal ini bisa lebih besar menjadi Rp10 juta jika Anda ingin membuat jasa cuci motor yang profesional. Alokasinya adalah Rp2 juta untuk biaya sewa tempat, Rp5 juta biaya membeli peralatan dan Rp3 juta untuk gaji pegawai dan biaya operasional.

Itulah 7 ide usaha sampingan untuk karyawan swasta yang patut anda coba sebagai seorang karyawan swasta. Walaupun ini untuk karyawan swasta tapi tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan juga oleh para karyawan negeri. Selamat mencoba.

Tag:

bisnis modal kecil untuk karyawan swasta, usaha modal 20 juta dan asumsinya
7 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan Swasta | Hari Murti | 4.5

Komentar :