7 Fakta Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih Yang Harus Anda Tahu

7 Fakta Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih Yang Harus Anda Tahu

7 Fakta Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih Yang Harus Anda Tahu

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, nama bawang putih memang tak ayal akan membuat kita mengingat masakan. Mau bagaimana lagi, bawang putih sudah tak ubahnya sebagai bumbu wajib hampir semua jenis makanan di Indonesia. Padahal di dunia internasional, ada sederet manfaat dan khasiat bawang putih yang demikian populer yang malah menjadikannya sebagai salah satu bahan herbal yang cukup populer.

Manfaat dan khasiat bawang putih, sebagai salah satu bahan jenis bawang-bawangan memang memiliki bentuk khas. Tak hanya bentuk yang khas, bawang putih sendiri memiliki aroma khas yang membuatnya mudah dikenali, bahkan cukup dari aromanya. Bahkan makanan dengan penggunaan bawang putih sebagai bumbu utamanya saja langsung bisa dikenali karena aroma khasnya.

Rahasia dibalik aroma khasnya sebenarnya terletak pada senyawa yang terdapat di dalamnya, Allicin. Allicin ini adalah sebuah senyawa dengan aroma kuat yang ternyata juga menjadi rahasia dari kayanya manfaat dan khasiat bawang putih ini. Allicin sendiri sudah melalui proses riset panjang demi menelusuri khasiat dan manfaat di dalamnya. Berikut fakta dari manfaat dan khasiat dari bawang putih atau allicin tersebut untuk Anda.

  1. Bawang putih merupakan obat anti radang ringan
    Allicin sendiri memiliki beberapa khasiat termasuk sifatnya sebagai anti radang ringan. Allicin sangat baik untuk memberi efek hangat sekaligus meredakan gejala flu seperti hidung tersumbat, batuk, sakit kepala dan rasa demam ringan. Sifatnya yang membantu melebarkan pembuluh darah juga membantu melancarkan aliran darah dan membuat tubuh yang merasakan gejala flu akan merasa lebih nyaman.
  2. Bawang putih merupakan obat anti kolesterol dan hipertensi
    Sifat allicin adalah melebarkan pembuluh darah. Sifat unik ini sangat membantu melancarkan aliran darah sehingga meredakan gejala hipertensi akibat sumbatan dalam darah karena timbunan kolesterol. Kolesterol dalam darah akan terangkat oleh aliran darah yang lancar. Jadi dari sebuah efek sederhana saja, bawah putih justru membantu meredakan masalah hipertensi dan gejala kolesterol tinggi
  3. Bawang putih membantu memperbaiki keseimbangan hormon
    Untuk menjaga kesehatan tubuh wanita, wanita membutuhkan keseimbangan hormonal termasuk kadar estrogen yang tepat. Estrogen membantu tubuh membentuk tubuh menjadi lebih sesuai dengan lekuk tubuh wanita, memperbaiki perilaku seksual, membantu menghaluskan kulit, meredakan pembentukan bulu pada kulit, mengurangi kerontokan, bahkan mencerahkan warna kulit. Bahkan dengan rajin mengkonsumsi bawang putih Anda bisa mencegah menopause dini.
  4. Bawang putih baik untuk diet
    Menambahkan lebih banyak bawang putih dalam menu diet Anda, akan membantu memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh karena memang bawang putih mengandung banyak mineral mulai dari mangaan, selenium, zinc dan kalsium. Juga terdapat kandungan vitamin B, vitamin E dan vitamin C. Namun memiliki kalori rendah sehingga sepenuhnya akan aman untuk program diet Anda.
  5. Bawang Putih membantu meringankan gejala pikun termasuk serangan penyakit syaraf
    Bawang putih memiliki kemampuan melancarkan aliran darah, termasuk aliran darah ke otak. Tak hanya itu sifat unik lain allicin adalah membantu proses sinergi kerja impuls-impuls syaraf dalam otak. Ini membantu otak bekerja lebih baik dan menyegarkan otak. Hal ini membantu Anda mengalami kepikunan dan membnatu mencegah serangan penyakit macam Alzheimer atau dementia yang berkaitan dengan kerusakan impuls-impuls syaraf dalam otak.
  6. Bawang Putih sebagai detoksifikasi
    Satu lagi keajaiban dari Allicin, yakni sebagai salah satu anti oksidan yang cukup kuat. Yang menarik Allicin bahkan cukup kuat untuk mengangkat toksin metal berat yang berasal dari polutan. Kadang polutan ini masuk dalam tubuh dari pernafasan atau dari makanan yang Anda asup tiap harinya.
  7. Bawang putih meredakan masalah vertigo dan migraine
    Anda yang kerap mengeluhkan migraine dan vertigo, Anda bisa mencoba menambahkan kadar bawang putih dalam asupan Anda sehari-hari. Bawang putih akan membantu melancarkan aliran darah menuju otak termasuk membantu memperbaiki kondisi sel pada otak. Ini yang akan secara bertahap membantu mengatasi penyebab masalah migraine dan vertigo.

Baca juga : Wisata agro taman buah mekarsari

Itulah beberapa fakta yang bisa Anda dapatkan terkait manfaat dan khasiat bawang putih. Adapun bila Anda memiliki kecenderungan terjadinya perdarahan akan lebih baik mengendalikan asupan bawang putih Anda untuk mencegah kondisi memburuk atau konsultasikan dengan dokter Anda. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.bawangputih.org

Tag:

fakta bawang putih, fakta tentang bawang putih, fakta unik bawang putih, Fakta unik tentang bawang, Di balik kasiat bwng putih, fakta dibalik manfaat dan khasiat bawang putih, fakta kegunaan bawang putih, manfaat bawang putih untuk jalak kebo, manfaat bawang putih untuk saraf
7 Fakta Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih Yang Harus Anda Tahu | Hari Murti | 4.5

Komentar :