6 Tips Sukses Dengan Bisnis Sampingan Untuk Karyawan, Segera Pelajari Dan Terapkan

6 Tips Sukses Dengan Bisnis Sampingan Untuk Karyawan, Segera Pelajari Dan Terapkan

6 Tips Sukses Dengan Bisnis Sampingan Untuk Karyawan, Segera Pelajari Dan Terapkan

Menjalankan bisnis sampingan untuk karyawan artinya Anda mengerjakan aktivitas bisnis di sela waktu senggang Anda ditengah kesibukan Anda sebagai karyawan. Dengan kata lain, bila waktu dan pikiran Anda adalah sebuah kue, maka potongan porsi terbesar tetap pada pekerjaan dan tanggung jawab Anda sebagai karyawan. Dan potongan porsi sisanya baru bisa Anda tuangkan dalam bisnis sampingan Anda.

Tidak sesederhana itu menjalankan bisnis sampingan untuk karyawan. Karena dengan tanggung jawab dan pikiran Anda sudah terfokus pada pekerjaan utama Anda, maka setidaknya waktu dan tenaga Anda sudah cukup terkuras untuk hal tersebut. Itu membuat Anda kadang kehabisan waktu dan tenaga untuk bisnis sampingan Anda ini. Perlu kiat-kiat khusus untuk bisa menjalankan dua hal sekaligus secara optimal tanpa menjadi mengorbankan salah satu sisi sumber penghasilan ini.

Dan pada kesempatan ini kami akan mencoba berbagi beberapa tips yang sukses kami kumpulkan dalam menjalankan dua sisi aktivitas ini sekaligus secara seimbang. Dan inilah tips sukses dengan bisnis sampingan sembari menjalankan profesi utama sebagai karyawan.

  1. Jalankan bisnis dalam bidang yang Anda sukai
    Bagi Anda yang hobi memasak, membuka bisnis kue kering bisa jadi menyenangkan tak ubahnya seperti sedang iseng dan bermain dengan hobi saja. Hobi selalu memberi efek relaksasi dan menyenangkan, jadi ketika Anda mengembangkan bisnis dalam bidang hobi Anda, bisa jadi itu akan sangat menyenangkan dan jauh dari kata beban.
  2. Bangun sistem yang efisien
    Menjalankan sebuah bisnis di tengah waktu Anda yang sibuk jelas bukan perkara mudah, 24 jam akan terasa terlalu pendek untuk Anda. Untuk Anda yang memiliki keterbatasan waktu, Anda perlu membangun sistem, seperti tim kerja, jaringan pemasaran, sistem computer dan masih banyak lagi yang membuat Anda bisa mengerjakan beberapa hal tanpa harus Anda terjun langsung dan tetap bisa memastikan segalanya berjalan dengan baik dan lebih simpel, dalam biaya yang efisien dan penghematan waktu yang rasional.
  3. Pemisahan dua pekerjaan
    Ketika Anda menjalankan bisnis sampingan untuk karyawan, masalah yang paling kerap muncul adalah ketika terjadi tumpang tindih antara urusan bisnis dan pekerjaan. Apalagi kalau urusan bisnis sedikit banyak terkait dengan dunia karier Anda. Inilah yang perlu Anda mulai sejak awal, pengelolaan yang terpisah antara bisnis sampingan dan pekerjaan. Mulai dari step usaha, administrasi, keuangan, sistem bahkan masalah pembagian pikiran dan pengelolaan tekanan kerja dan stress.
  4. Manfaatkan fasilitas yang efektif
    Cara terbaik dalam memaksimalkan waktu yang ada untuk dua bidang sekaligus adalah dengan memaksimalkan manfaat dari setiap waktu yang Anda luangkan. Salah satu cara untuk mencapai itu adalah dengan memanfaatkan sarana dan fasilitas di sekitar Anda untuk mencapai efektivitas. Misalkan saja kenapa harus berjualan secara konvensional kalau Anda bisa menjual secara online. Atau kenapa memasak dengan oven kecil kalau Anda bisa menghasilkan kue lebih banyak dengan oven besar sekali masak. Buat segalanya terlihat lebih sederhana dan cepat.
  5. Manfaatkan asset yang Anda bisa akses dengan mudah
    ketika Anda bekerja di kantor, maka rekan kantor Anda adalah asset Anda, meja computer lengkap dengan akses internet cepat bisa menjadi asset Anda dan begitu pula manfaat lainnya. Manfaatkan apa yang Anda punya ketimbang harus mengeluarkan dana berlebihan. Misalkan ketika Anda bingung dalam mencari psar yang menjual ikan, Anda coba bisa jual produk Anda ke rekan kantor Anda, untuk itu pilihlah produk yang sesuai dengan pola kebutuhan pasar Anda, yakni tetangga Anda.
  6. Bangun kesepahaman
    Ketika Anda memutuskan untuk membuka bisnis sampingan untuk karyawan, maka mau tidak mau Anda akan mengorbankan waktu senggang Anda. Maka mereka yang terdekat dengan Anda, seperti keluarga dan teman bisa jadi merasakan Anda mulai tenggelam dalam kesibukan. Anda perlu membicarakan pada keluarga soal keputusan Anda dan resiko soal waktu macam ini. Anda juga bisa membangun kesepahaman dengan klien Anda supaya tidak mengganggu jam kerja Anda sebagai karyawan.

Dan bagaimana dengan pengalaman Anda menjalankan bisnsi sampingan untuk karyawan? Apakah Anda juga sama-sama menjalankan dengan tepat tips bisnis sampingan di atas?-Tim Siap Bisnis-

Tag:

usaha yang tidak perlu mengorbankan pekerjaan
6 Tips Sukses Dengan Bisnis Sampingan Untuk Karyawan, Segera Pelajari Dan Terapkan | Hari Murti | 4.5

Komentar :