6 Tips Ampuh Bisnis Rumahan Online, Jasa Desain Grafis Online Profesional

6 Tips Ampuh Bisnis Rumahan Online, Jasa Desain Grafis Online Profesional

6 Tips Ampuh Bisnis Rumahan Online, Jasa Desain Grafis Online Profesional

Kembali kami membahas seputar potensi dari bisnis desain grafis yang rupanya sudah berkembang hingga ke ranah bisnis rumahan online. Meski terbilang bisnis jasa, tetapi pada dasarnya bisnis ini tak ubahnya dengan bisnis jual beli online pada umumnya dan karenanya juga dengan baik bisa Anda aplikasikan sebagai bisnis rumahan online.

Pada kesempatan sebelumnya kami sempat mengulas bagaimana canggihnya seorang Yohanes Auri yang dengan kreatifnya mengubah kamarnya menjadi kantor dengan hanya mengandalkan jaringan internet dan seperangkat computer kualitas rendah. Namun akhirnya bisa mencapai suksesnya bahkan mampu menjual kemampuan desainnya hingga ke pasar manca. Jadi tidak ada yang buruk memulai dari bisnis rumahan online, karena bisa jadi Anda adalah Auri berikutnya.

Para pekerja seniman digital juga bisa menjual usahanya dari sebuah usaha rumahan dengan berbekal jaringan internet. Karena pada dasarnya mennjalankan usah adesain grafis bisa Anda mulai cukup dengan program simpel macam coral draw atau photosho yang mudah dioperasikan dan diaplikasikan.

Apalagi sebenarnya bidang dari desain grafis sangat luas, mulai dari produk kaos dan distro, percetakan sampai produk terkait branding dan logo hingga dunia periklanan dan moving video yang biasa dimanfaatkan dalam presentasi, video komersial dan sebagainya. Jadi cukup fleksibel untuk Anda terapkan sebagai usaha berbasis online.

Tapi bagaimana cara tepat untuk menjalankan bisnis rumahan online dengan jasa desain grafis macam ini? Mungkin beberapa input ini bisa membantu Anda.

  1. Buat sebuah website
    Apapun usaha online yang Anda buka, termasuk bisnis desain grafis mutlak membutuhkan sebuah blog atau website sebagai wadah komunikasi antara Anda dan pasar. Di sini Anda bisa menjelaskan diri Anda, konsep Anda bahkan menyertakan karya Anda kepada pasar. Blog ini adalah bentuk presentasi Anda kepada calon konsumen, jadi perlakukan blog ini sebagai presentasi Anda. Bahkan ketika Anda memulai usaha online tanpa modal yang kuat Anda tetap mutlak membuat blog sekalipun yang gratis.
  2. Mutlak belajar teknik blogging
    Karena Anda sudah memutuskan menjalankan bisnis berbasis online, maka satu hal mutlak yang harus Anda pahami dan terapkan adalah ilmu blogging macam konten, SEO, blog walking dan sebagainya. Karena ini penting artinya untuk mendatangkan pengunjung ke blog atau website Anda. Dan hanya bila blog Anda memiliki pengunjung yang banyak saja Anda punya peluang menjual jasa dan kemampuan desain Anda.
  3. Optimalkan peran e-comunicate
    Selain media website, komunikasi antara Anda dengan klien dan calon klien adalah melalui media email. Melalui email Anda bisa berkomunikasi dua arah untuk membicarakan beragam hal terkait kesepakatan, harga hingga kriteria-kriteria yang diharapkan, termasuk contoh hasil desain dalam bentuk image hingga format PDF. Selain dengan media email, Anda bisa memanfaatkan media messanger dari facebook yang kini sudah cukup layak menjadi media komunikasi bisnis sejak segala pembicaraan Anda tersimpan baik dalam memory facebook.
  4. Usaha Anda semi jual beli online
    Mengasumsikan usaha Anda sebagai semi jual beli online membantu Anda memahami bagaimana pola pikir kebanyakan konsumen Anda. Karena kebanyakan dari mereka hanya membutuhkan produk nyata dari jasa desain grafis Anda. Jadi siapkan juga produk jadi siap beli untu mendukung konsep ini.
  5. Manfaat media sosial
    Selalu dikatakan dalam semua kiat terkait dengan bisnis berbasis online, Anda perlu memaksimalkan pemanfaatkan dari media sosial karena sebenarnya di sinilah pusat ”tongkrongan” populasi dari dunia maya. Bagaimana Anda bisa mendatangkan pengunjung ketika Anda tidak menghampiri pusat populasi dan membuat mereka menyadari keberadaan Anda. Selain dengan media sosial pusat tongkrongan lain yang bisa Anda tilik adalah porum-forum komunitas.
  6. Imbangi dengan offline marketing
    Pemasaran online kadang masih membutuhkan langkah pemasaran konvensional karena pada dasarnya semua bisnis berbasis kepercayaan. Kadang dengan mencari klien via offline dan membuat mereka memberikan testimony kepuasannya di website Anda, bisa memancing konsumen online berdatangan.

Kini Anda makin memiliki gambaran bukan bagaimana sebuah bisnis desain grafis berbasis online bisa berjalan dan sukses? Bahkan ketika itu adalah bisnis rumahan online, dengan ketekunan Anda menjalankan kiat-kiat di atas, bukan mustahil Andalah Yohanes Auri berikutnya, bahkan mungkin lebih baik dari nya.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis desain grafis online, usaha desain online, bisnis desain grafis rumahan, cara promosi jasa design, cara mempelajari bisnis online di Jasa Desain Grafis, cara kerja desain grapis rumahan, cara bisnis desain online, bisnis online desain, bisnis online cukup desain, yang termasuk input pada bisnis jasa
6 Tips Ampuh Bisnis Rumahan Online, Jasa Desain Grafis Online Profesional | Hari Murti | 4.5

Komentar :