6 Produk Handal Untuk Peluang Bisnis Indonesia, Dengan Potensi Luar Biasa

6 Produk Handal Untuk Peluang Bisnis Indonesia, Dengan Potensi Luar Biasa

6 Produk Handal Untuk Peluang Bisnis Indonesia, Dengan Potensi Luar Biasa

Ada yang masih ingat doktrin masa kecil yang Anda terima di masa-masa sekolah dasar mengenai betapa kaya dan makmurnya Indonesia dengan begitu banyaknya sumber daya alam yang tersedia dan potensinya sebagai  peluang bisnis Indonesia ? Ini semacam input yang terus ditanamkan dalam benak kita untuk berbangga diri sebagai orang Indonesia.

Sebenarnya tak ada yang salah dengan doktrin ini karena memang ada banyak hal yang hanya ada di Indonesia dan layak menjadikannya sebagai asset terbaik Indonesia untuk mengembangkan peluang bisnis Indonesia banget.

Kenyataannya ada begitu banyak kekayaan dari tanah, alam dan budaya Indonesia yang bisa Anda jadikan asset peluang bisnis Indonesia yang potensial. Dan beberapa malah menjadi sebuah ciri khas dari Indonesia sampai cukup rendah tingkat persaingannya di tingkat pasar internasional. Apa saja asset dan produk lokal yang bisa Anda kembangkan sebagai potensi internasional dan menjadi peluang bisnis Indonesia?

  1. Produk kerajinan tangan
    Indonesia sangat terkenal sebagi negara yang kaya akan budaya kerajinan tangan. Sebut saja beberapa yang sangat terkenal di dunia, batik, tenun, lurik, songket, anyaman, ukiran dan masih banyak lagi. Bisnis penjualan produk kerajinan tangan ke pasar Internasional sampai usaha produksi kerajinan tangan selalu mendapat pangsa yang sangat luas di pasaran. Apalagi kalau anda bisa membangun usaha yang mampu menghasilkan atau menjual produk kerajinan tangan dengan kualitas berstandar internasional. Ada pasar sangat besar untuk produk macam ini di Eropa dan Amerika.
  2. Produk Agro
    Tanah Indonesia yang subur lengkap denga iklim tropisnya menjadi sebuah kombinasi sempurna untuk pengembangan bisnis agro. Mulai dari bisnis kayu keras, buah-buahan tropis sampai tanaman hias. Keberuntungan ini semakin di perkuat oleh adanya beberapa produk agro yang hanya bisa Anda temukan dengan mudah di pasar agro Indonesia, misalkan saja buah salak. Meski Anda harus bersaing ketat dengan produsen dan penjual asal negara Asia Tenggara lain, tetapi tetap saja Indonesia memiliki asset yang cukup kuat untuk dikembangkan.
  3. Produk kelautan
    Indonesia adalah negara dengan kawasan kelauta terbesar di dunia. Dengan iklim tropis, banyak ikan terkenal dunia yang melaut di kawasan perairan Indonesia dan menjadi potensi besar. Potensi yang menggiurkan sampai kasus pencurian ikan oleh nelayan non Indonesia sempat menjadi sangat tinggi. Anda bisa mengembangkan bisnis ini dengan membangun usaha perikanan budidaya baik itu untu ikan tawar ataupun ikan laut. Yang jelas pasar ekspor untuk bisnis ini sangat besar dan siap Anda garap.
  4. Usaha pariwisata
    Ada berbagai macam destinasi wisata di Indonesia yang bisa Anda kembangkan sebagai bisnis. Mulai dari kawasan wisata yang sudah tergarap secara profesional, sampai yang belum tergarap bahkan yang masih perawan. Ada banyak ide menarik yang bisa Anda kembangkan dari bisnis seputar pariwisata, mulai dari bisnis perjalanan wisata, bisnis pengelolaan kawasan wisata, bisnis perhotelan dan sebagainya.
  5. Bisnis padat tenaga kerja
    Indonesia termasuk salah satu negara dengan harga ketenaga kerjaan yang relatif rendah di dunia. Ini menarik karena Anda bisa membangun bisnis yang padat karya. Bagi negara maju dengan harga tenaga kerja yang mahal, cara ini memang tidak efektif, tetapi untuk Indonesia cara ini justru menjadi sangat menarik. Karena Anda bisa menghemat biaya produksi karena harga tenaga kerja relatif murah, tetapi bisa Anda jual mahal di pasar internasional dengan mengusung branding “handmade”. Sementara itu sudah diketahui umum bahwa produk handmade selalu mendapat penilaian lebih tinggi di pasaran Internasional.
  6. Bisnis dokumentasi dan penelitian
    Lahan Indonesia yang luas, lengkap dengan beragam landscape, iklim yang tropis dengan beragam flora dan fauna di dalamnya adalah sebuah kesempurnaan yang tidak hanya potensial Anda kembangkan sebagai bisnis pariwisata. Anda bisa mengembangkan bisnis terkait dokumentasi dan penelitian. Mulai dari jasa perjalanan wisata penelitian dan dokumentasi dengan menyediakan sarana akomodasi bagi rombongan perjalanan yang ingin melakukan pembuatan film dokumentasi atau penelitian lapangan. Atau malah Anda sendiri yang membuat video dokumentasi dan menjualnya ke berbagai lembaga Internasional. Anda bisa saja menghasilkan uang dalam jumlah besar bila sukses menarik perhatian para pengelola lembaga.

Rupanya ada begitu banyak peluang bisnis Indonesia yang bisa Anda kembangkan dari potensi lokal Indonesia bukan? Dan mungkin beberapa pilihan peluang bisnis tadi ada yang sesuai dengan kemampuan dan latar belakang Anda. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.gambarproperti.com

Tag:

bagaimana prospek bisnis barang kerajinan fungsi hias di indonesia, prospek bisnis barang kerajinan fungsi hias di indonesia, bisnis luar biasa, bagaimana prospek bisnis barang kerajinan fungsi hias di indonesia?, prospek bisnis barang kerajinan fungsi hias, peluang bisnis internasional, peluang usaha padat karya, bagaimana prospek bisnis barang kerajinan fungsi hias di indonesia ?, prospek bisnis barang kerajinan fubgsi hias di indonesia, ide usaha luar biasa
6 Produk Handal Untuk Peluang Bisnis Indonesia, Dengan Potensi Luar Biasa | Hari Murti | 4.5

Komentar :