6 Hal Yang Sebaiknya Anda Tau Ketika Memulai Bisnis Sampingan Modal Kecil

6 Hal Yang Sebaiknya Anda Tau Ketika Memulai Bisnis Sampingan Modal Kecil

6 Hal Yang Sebaiknya Anda Tau Ketika Memulai Bisnis Sampingan Modal Kecil

Kadang kala Anda memulai sebuah bisnis sampingan modal kecil dan terus tersandung dan harus jatuh bangun, bahkan gagal berkali-kali. Kadang semua itu terjadi bukan karena situasi yang tidak bisa Anda kendalikan tetap lebih karena kesalahan Anda. Hingga akhirnya pada satu waktu Anda berpikir “kenapa tidak ada seorangpun yang memberitahuku sebelumnya?”

Menjadi sukses dengan bisnis sampingan modal kecil atau bisnis full time Anda, sebenarnya adalah sebuah akumulasi dari proses Anda dan jatuh bangun Anda. Menjadi sukses tanpa proses macam ini konon dikatakan tidak afdol. Tapi rasanya pendapat into terlalu konvensional sekarang. Karena justru kalau Anda cara untuk mencegah Anda melalukan kesalahan dan berjalan dalam jalur yang tepat sampai sukses bukankah lebih baik?

Sayangnya Anda tidak sedang berada dalam jaringan MLM dimana upline Anda bertanggung jawab membimbing Anda untuk maju dengan bisnis Anda. Anda berjalan sendiri dan itu membuat Anda perlu meraba, apa langkah berikutnya dan apa yang Anda jumpai berikutnya.

Bagaimana kalau kali ini kami akan membantu Anda? Kami bisa berbagai beberapa saran yang setidaknya bisa membantu Anda lebih cepat sukses dengan bisnis sampingan modal kecil atau bisnis full time Anda. Dan berikut ini adalah saran dari kami.

  1. Jangan menyerah dengan hasrat dan panggilan Anda
    Salah satu tips sukses bisnis klasik adalah jalankan bisnis yang berawal dari hasrat, minat atau hobi Anda. Masalahnya, kadang kesulitan justru muncul bukan dari mulainya usaha, tetapi dari kemampuan Anda bertahan dengan mimpi dan hasrat Anda setelah ujian dan kesulitan bisnis Anda. Selalu isi ulang batere semangat Anda dengan mengingat mimpi Anda, hasrat dan dorongan Anda.
  2. Orientasi pada dana kas
    Kalau tenaga bagi bisnis Anda adalah semangat dan kegigihan Anda, tuasnya adalah hasrat dan mimpi, maka apakah roda dari usaha Anda? Jawabannya adalah modal usaha alias dana kas. Percuma saja penjualan Anda kencang dan keuntungan dalam kertas Anda luar biasa kalau Anda tidak memiliki cukup dana kas untuk operasional alias tidak ada dana kas yang mengalirmasuk dalam usaha Anda.
  3. Lebih cerdaslah dengan merekruit karyawan
    Proses rekruitmen karyawan adalah satu tahap penting dalam sebuah usaha dan cermatlah dalam hal ini. Akan lebih baik merekruit 1 orang tenaga cerdas dan tangkas ketimbang 3 tenaga yang kurang mumpuni. Satu kiat di sini, identifikasi bidang apa yang cukup lemah dan mungkin bukan sesuatu yang menarik bagi Anda, dan carilah orang yang mampu mengerjakannya dengan sebaik mungkin sesuai standar Anda. Artinya di sini Anda juga perlu mengidentifikasi pula harapan dan standar Anda.
  4. Komunikasi dengan partner kerja
    Ketika Anda menjalankan usaha Anda ini dengan seorang partner kerja, maka yang perlu Anda camkan adalah selalu menjaga komunikasi dua arah antara Anda dan partner Anda. Bahkan bila itu berarti mendiskusikan kesalahan yang baru saja Anda lakukan. Karena bagaimanapun di sini ada dua kepentingan dan menghindari perdebatan atau menghindari tuduhan sebagai penyebab masalah hanya akan membuat masalah lebih rumit.
  5. Selalu siapkan plan B
    Tidak mungkin segala sesuatunya selalu lancar tanpa rintangan dan masalah. Hal semacam itu harus tertanam dengan baik dalam pikiran Anda, sehingga mental Anda sudah siap dengan resiko dan kendala. Bangun timwork untuk menyiapkan plan B sehingga ketika tim sudah tau langkah apa yang akan mereka lakukan ketika menghadapi masalah, bahkan ketika Anda tidak ada di sisi mereka
  6. Temukan advis
    Sebagai pemula dengan bisnis sampingan yang baru saja Anda rintis, Anda mungkin masih cukup awam. Dan karenanya jangan ragu untuk menambah ilmu Anda, rajinlah menghadiri beragam seminar dan pelatihan terkait bisnis Anda, masuklah dalam komunitas atau forum yang membahas mengenai bisnis Anda. Dari sini Anda bisa bertemu dengan para “senior” dari bisnis Anda dan bisa berbagi pemikiran dengan mereka. Beruntung bila mereka bisa memberikan banyak pendampingan untuk bisnis Anda.

Kini Anda sudah mendapatkan saran bukan mengenai bagaimana sebaiknya Anda mengawali bisnis sampingan modal kecil atau usaha penuh waktu Anda, baik mengenai hal-hal yang perlu Anda lakukan dan hal-hal yang perlu Anda hindari. Semoga saran kami ini bisa membantu Anda menjalankan bisnis dengan lebih lancar. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis apa ya sebaiknya
6 Hal Yang Sebaiknya Anda Tau Ketika Memulai Bisnis Sampingan Modal Kecil | Hari Murti | 4.5

Komentar :