6 Hal Wajib Yang Harus Anda Lakukan Untuk Sukses Kerja Sampingan Di Rumah

6 Hal Wajib Yang Harus Anda Lakukan Untuk Sukses Kerja Sampingan Di Rumah

6 Hal Wajib Yang Harus Anda Lakukan Untuk Sukses Kerja Sampingan Di Rumah

Ketika Anda menjalankan bisnis atau kerja sampingan di rumah, mungkin dengan basis online atau dengan konsep konvensional Anda mungkin mengawalinya dengan 100 % keyakinan. Sayangnya ketika sudah mulai berjalan 3 -4 bulan Anda mulai kehilangan arah dan kabar buruknya pekerjaan Anda mulai kacau. Dan Anda berakhir dengan pemikiran, apa yang salah?

Kebanyakan orang mencoba untuk meniti kariernya dari rumah dengan alasan sederhana, ingin lebih banyak menghabiskan waktu bersama anak dan keluarga. Bukan ide yang buruk, hanya saja ini kadang membangun struktur samar antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda. Sampai akhirnya Anda kehilangan kemampuan untuk memisahkannya.

Pada dasarnya beberapa hal ini perlu Anda pahami sebelum Anda memulai kerja sampingan di rumah. Setidaknya dengan cara ini Anda bisa lebih dekat dengan kesuksesan dari kerja di rumah.

  1. Siapkan ruang kerja
    Ruang kerja sifatnya mutlak, meski itu berarti sekedar sebuah rak dengan meja kecil dan laptop di atasnya di sudut ruang keluarga Anda. Karena bekerja bagaimanapun membutuhkan konsentrasi Anda dan ini sulit Anda wujudkan tanpa Anda meluangkan satu tempat khusus semacam ini. Dan yang terpenting, Anda tidak ingin kan data dan berkas Anda tertukar dengan kertas bermain anak-anak karena tidak ada ruang simpan yang layak.
  2. Gadget dan perangkat teknologi
    Setidaknya Anda membutuhkan laptop, smartphone dan internet. Itu adalah bagian dari gadget yang mutlak Anda butuhkan dalam sebuah kerja sampingan dan bisnis rumahan. Tetapi bisa saja lebih dari itu, tergantung bagaimana pekerjaan Anda, bisa jadi Anda membutuhkan sebuah scanner, telepon rumah, fax dan masih banyak perangkat teknologi lain.
  3. Bangun batasan
    Kadang karena Anda berada di rumah, banyak orang mengira Anda leluasa dan tidak sibuk. Anda harus membangun batasan untuk tetap professional dengan pekerjaan Anda meski berada di rumah. Pengguna jasa Anda atau perusahaan yang merekruit Anda tetap menuntut profesionalitas Anda bukan? Hal ini juga berlaku pada anggota keluarga terutama anak-anak Anda. Karena kehadiran Anda di rumah 24 jam membuat mereka merasa Anda bisa mereka ganggu dan ajak bermain 24 jam pula. Meski awalnya sulit, tapi pada akhirnya mereka mulai bisa membiasakan diri denga kesibukan Anda di rumah.
  4. Siapkan mood booster
    Ketika Anda bekerja di kantor, Anda akan berada dalam ruangan kerja mungkin bahkan cubicus yang lengkap dengan kursi dan meja kerja, suara mesin fax yang nyaring, dan tentu saja busana kerja yang formal. Anda tidak akan mendapatkan suasana yang sama bukan ketika Anda menjalankan kerja di rumah. Untuk itu Anda perlu membangun sendiri mood booster Anda sehingga dengan sendirinya Anda siap dengan pekerjaan Anda. Mulailah dengan mempersiapkan diri seakan Anda akan pergi bekerja seperti mandi dan berdandan. Siapkan musik yang baik untuk mood Anda dan mulailah bekerja di singgasana kerja Anda. Bekerja dengan pakaian tidur bahkan di atas kasur, tetap bukan ide yang kami sarankan.
  5. Aplikasi pendukung
    Anda harus melengkapi secara mandiri aplikasi dan software apa saja yang akan mendukung pekerjaan Anda. Masing-masing pekerjaan memiliki spesifikasi aplikasi masing-masing dan itu perlu menjadi perhatian Anda mengingat tidak akan ada yang akan menyiapkannya untuk Anda. Misalkan saja seorang penulis membutuhkan aplikasi copyscape untuk memastikan tulisannya tidak akan memberi kesan sebagai tulisan copypaste, atau mungkin sebuah aplikasi pembukuan untuk pekerjaan yang terkait dengan proyek dan sebagainya. Beberapa pekerjaan juga membutuhkan aplikasi time tracking untuk mengontrol aktivitas Anda.
  6. Agenda kerja
    Seorang yang memutuskan untuk bekerja di rumah, terutama bila dia adalah seorang ibu, maka akan terjebak dalam dua peran sekaligus dalam satu waktu, sebagai pengurus rumah tangga dan sebagai pekerja rumahan. Anda perlu agenda kerja untuk mengontrol dan mengelola waktu Anda dengan baik sehingga setiap pekerjaan Anda terselesaikan denga baik dan setiap waktu termanfaatkan dengan baik. Bahkan Anda juga tetap perlu menyediakan waktu untuk “me time” bukan?

Itulah beberapa yang perlu Anda siapkan ketika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis atau karier dari rumah. Suasana santai dalam rumah bisa membuat keputusan Anda untuk menjalankan bisnis rumahan atau kerja sampingan di rumah adalah sebuah kesalahan, atau Anda menyiapkan beberapa hal di atas tadi.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

cara kerja dirumah yang sukses, Kerja dirumah yang bisa sukses, Mulai kerja dari rumah, sukses kerja di rumah
6 Hal Wajib Yang Harus Anda Lakukan Untuk Sukses Kerja Sampingan Di Rumah | Hari Murti | 4.5

Komentar :