6 Cara Mencari Franchise Indonesia Terbaik? Ini Dia Tips Yang Harus Anda Tahu

6 Cara Mencari Franchise Indonesia Terbaik? Ini Dia Tips Yang Harus Anda Tahu

6 Cara Mencari Franchise Indonesia Terbaik? Ini Dia Tips Yang Harus Anda Tahu

Mau membangun usaha tetapi tidak tau bagaimana memulainya? Anda bisa mencoba membeli hak kemitraan alias sistem franchise. Pasalnya dalam sistem franchise Indonesia terbaik , Anda bisa memulai usaha tanpa harus pusing mengurus masalah sistem awal, atau dengan kata lain usaha siap pakai tanpa perlu repot lagi.

Hanya saja untuk menjalankan usaha franchise Anda tetap perlu memilih dan mencari franchise Indonesia terbaik dengan sistem terbaik, produk terbaik dan yang paling penting cocok Anda jalankan dalam iklim usaha dan kondisi pasar di Indonesia.

Tidak hanya itu, tingginya kasus scam dan penipuan yang muncul membuat Anda perlu ekstra hati-hati dalam menentukan pilihan frachise Indonesia terbaik. Jangan sampai usaha yang Anda rintis susah payah dengan mengumpulkan satu demi satu penjualan harus berakhir bukan karena Anda gagal menjalankan usaha, tetapi gagal dalam memilih usaha franchise dan franchisor yang tepat.

Apa cara terbaik dalam menemukan franchise Indonesia terbaik?

  1. Jangan tertipu janji manis
    Tidak ada satupun franchisor yang menawarkan janji pahit di awal. Sudah pasti dengan manis mereka menjanjikan produk yang unggul, digemari pasar, penjualan yang akan sangat tinggi sampai BEP yang cepat. Bahkan kadang dengan menarik pula mereka menawarkan kemitraan yang murah meriah, syarat ringan dan kadang disertai jaminan fasilitas dan bonus yang begitu banyak. Jangan mudah terkecoh denga janji manis macam ini, karena ini tak lebih hanya cara mereka memikat orang tertarik menjadi mitra mereka. Anda perlu buktikan dulu kualitas mereka untuk benar-benar menentukan pilihan.
  2. Kenali setiap resiko
    Tidak ada bisnis tanpa resiko dan itu adalah satu hal penting yang perlu Anda pahami. Jadi jangan menafikan tiap kemungkinan kerugian dan kegagalan yang mungkin terjadi. Anda justru harus bisa menemukan resiko yang bisa muncul dan sebisa mungkin menemukan cara mencegahnya dan cara menanggulanginya. Hindari bisnis franchise dengan kemungkinan kerugian lebih besar. Resiko sendiri bisa muncul secara berbeda bahkan untuk satu jenis usaha franchise, karena kadan beda lokasi dan beda target pasar saja sudah menjadikan resiko berbeda.
  3. Pelajari franchisor
    Salah satu unsur penting yang perlu Anda kenali ketika Anda memilih sebuah franchise adalah bagaimana kredibilitas dari franchisor. Untuk itu jangan memutuskan apapun sebelum Anda memastikan Anda mengenal baik kredibilitas franchisor. Hindari franchisor dengan dengan kredibilitas hukum yang meragukan, memiliki sejarah bangkrut bahkan mungkin berkali-kali atau hal-hal lain terkait franchisor.
  4. Pelajari tiap detil dokumen
    Jangan pernah tanda tangan satu dokumen kerjasama bila Anda belum benar-benar meyakini bahwa Anda sudah memahami dengan baik dan detil isi dari dokumen tersebut. Memahami dengan tepat apakah saja kewajiban dan hak Anda juga pihak franchisor. Jangan sampai Anda salah paham dan akhirnya masalah ini membentur Anda di kemudian hari.
  5. Cari tau dari franchisee mereka
    Kunjungi salah satu mitra mereka dan lakukan wawancara untuk mendapat informasi lengkap mengenai kondisi nyata di lapangan atas bisnis tersebut. Bagaimana penjualan yang biasa di dapat oleh franchisee tersebut, bagaimana fasilitas dan support yang mereka dapatkan dari franchisor dan situasi lapangan lain. Lakukan wawancara leih dari 1 orang untuk mendapat fakta lapangan yang lebih real. Anda bisa perlu mencari tau berapa mitra yang gagal dan kenapa mereka bisa gagal untuk mengetahui kondisi lapangan lebih real.
  6. Lakukan analisa keuangan
    Anda sudah mendapat gambaran dari lapangan bagaimana penjualan nyata dari tiap mitra. Bandingkan dan hitung ulang tingkat pengembalian modal dan biaya-biaya lain seperti royalty fee dan franchise fee dibandingkan dengan pendapatan bersih Anda. Ingat Anda membangun usaha kemitraan ini untuk menghasilkan keuntungan, jadi jangan acuhkan masalah perhitungan ini apalagi hanya mengacu sepenuhnya pada data perhitungan yang diajukan oleh pihak franchisor. Hitung ulang data real Anda untuk memberi Anda gambaran yang lebih nyata.

Sudah mendapatkan gambaran bukan bagaimana menentukan pilihan dalam mencari bisnis franchise Indonesia terbaik. Jangan terburu-buru dalam menjatuhkan pilihan, karena bisa jadi Anda hanya akan terjebak oleh pilihan Anda sendiri. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.en.wikipedia.org

Tag:

cara mencari franchise, cara mencari franchisee, franchise pasco penipuan, pendapat tentang wisco chocolate, penipuan pasco, waralaba wisco, wisco chocolate
6 Cara Mencari Franchise Indonesia Terbaik? Ini Dia Tips Yang Harus Anda Tahu | Hari Murti | 4.5

Komentar :