6 Cara Memulai Bisnis Kecil Mandiri Dari Hobi Dan Bakat Anda

6 Cara Memulai Bisnis Kecil Mandiri Dari Hobi Dan Bakat Anda

6 Cara Memulai Bisnis Kecil Mandiri Dari Hobi Dan Bakat Anda

Akan sangat menyenangkan bukan bila Anda bisa mengembangkan bisnis kecil mandiri dalam bidang yang Anda minati dan menjadi hobi Anda selama ini. Bisa jadi Anda tidak akan merasa bisnis Anda sebagai bisnis karena Anda biasa menjalankannya sebagai aktivita refreshing Anda sehari-hari. Bisnis macam ini membuat Anda seolah mendapat bonus dari aktivitas refreshing Anda, bukankah ini sangat menyenangkan untuk dijalankan.

Dan kabar baiknya, ketika Anda menikmati pekerjaan bisnis kecil mandiri Anda karena tentu saja ini adalah bidang yang Anda minati, kinerja Anda akan maksimal. Bila kinerja Anda baik sudah tentu Anda akan mengunduh hasil besar nantinya. Tidak hanya itu, karena Anda menikmati bisnis Anda, maka Anda bisa menjalankannya dengan bebas stress.

Bandingkan bila Anda menjalankan pekerjaan atau bisnis yang sebenarnya bukan bidang dan diluar minat Anda. Bisa jadi Anda memaksakan diri untuk bekerja dengan tekun dan pada akhirnya Anda akan merasa bosan dan mudah stress.Tapi bagaimana sebenarnya cara untuk membuat hobi Anda menjadi bisnis kecil mandiri yang menghasilkan? Berikut ini beberapa pilihan bisnis yang bisa Anda kembangkan dari hobi.

  1. Menjual produk Anda
    Ini adalah cara berbisnis dengan hobi yang paling klasik. Misalkan dengan menjual kue buatan Anda bila Anda pecinta dunia makanan, menjual hasil kreasi aksesoris Anda si penghobi kerajinan tangan atau menjual jasa dekorasi kalau Anda menyukai aktivitas dekorasi dan florist. Anda bisa terus menjalankan hobi Anda, membuatnya dan menikmati hasil penjualannya. Bahkan pada ladang ini Anda mengeruk hasil besar bila produk hasil kreasi Anda bernilai tinggi seperti lukisan atau aksesoris perhiasan. Anda bisa manfaatkan pameran atau menyalurkannya pada beberapa marketplace baik lokal maupun global macam ebay dan etsy.
  2. Buka usaha kursus dari hobi Anda
    Biasanya dengan mencintai bidang tertentu, Anda akan menjadi sangat mahir dalam bidang tersebut. Misalkan karena Anda menyukai dunia kuliner Anda menjadi jago memasak atau Anda yang memiliki hsrat besar dalam dunia musik mungkin sangat mahir dengan satu atau beberapa alat musik. Bisa pula Anda memiliki lihai dalam merangkai bunga karena memang Anda mencintai dunia ini. Anda bisa berbagi kebisaan Anda ini dan menjadikannya sebagai sebuah usaha kecil, dengan membuka kursus kecil-kecilan di rumah Anda.
  3. Menulis mengenai hobi Anda
    Anda juga bisa mendapat penghasilan dengan membuat sebuah blog atau web yang berisi konten mengenai hobi Anda. Mulai dari beragam cara membuat aneka produk hasil dari hobi, tips dalam hobi dan hal-hal terkait lain. Anda berbagi denga cara yang lebih luas dan Anda bisa mendapatkan hasil dari monetasi bisnis blog Anda ini. Hasilnya juga tidak mengecewakan.
  4. Membuat video tutorial
    Pernahkah Anda mendengar potensi dari membangun channel video dalam youtube. Dan salah satu yang banyak diminati para pengunjung youtube adalah video tutorial. Mulai dari tutorial cara memasak makanan tertentu, membuat aksesoris sampai video pemakaian kreasi hijab. Anda bisa mendapatkan hasil dengan membuat video tutorial yang Anda buat berdasar kemampuan Anda selama ini dengan hobi Anda. Dan Anda bisa mendapatkan hasil besar dari video video tadi.
  5. Membuat video pertunjukan
    Masih berkutat dalam video youtube, Anda bisa pula memamerkan kebisaan Anda pada hobi Anda dalam bentuk video. Misalkan Anda mencintai musik dan sangat mahir bermain gitar. Anda bisa membuat video music cover dari salah satu penyanyi terkenal dunia yang Anda sukai. Biasanya bila Anda memang sangat baik memainkan music cover Anda, channel Anda akan riuh didatangi orang dan bukan mustahil Anda juga akan kebanjiran job offair untuk menyanyikan lagu tersebut di panggung-panggung. Anda juga bisa mencoba cara yang sama bila Anda menggemari dunia dance.
  6. Membuka bisnis peralatan seputar hobi Anda
    Anda yang hobi melukis, sudah pasti sangat memahami apa saja kebutuhan peralatan yang diperlukan pelukis, begitu pula bila Anda mencintai dunia musik, fotografi atau dunia kuliner. Anda bisa memanfaatkan pengetahuan Anda ini dan mungkin juga koneksi Anda akan komunitas penggemar bidang yang sama untuk membuka bisnis kecil mandiri penyedia peralatan dari bidang hobi Anda.

Bukankah sangat menarik mengembangkan bisnis kecil mandiri dengan bermodal ketertarikan dan kecintaan Anda pada hobi Anda? Jadi apa hobi Anda dan bagaimana ide bisnis Anda? -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.stuffwerecommend.com

Tag:

cara usaha mandiri, bagaimana memulai sebuah usaha mandiri, jenis jenis bakat dan hobby yg bisa jadi usaha, kiat usaha mandiri, bisnis dari hobi menggambar, cara buka usaha sederhana dengan menggambar, peluang usaha dari hobi menggambar, trik usaha mandiri, macam-macam jenis usaha dari bakat, bikin usaha bakat main gitar?
6 Cara Memulai Bisnis Kecil Mandiri Dari Hobi Dan Bakat Anda | Hari Murti | 4.5

Komentar :