5 Tips Wajib Untuk Usaha Waralaba Sebagai Usaha Sampingan Di Rumah

5 Tips Wajib Untuk Usaha Waralaba Sebagai Usaha Sampingan Di Rumah

5 Tips Wajib Untuk Usaha Waralaba Sebagai Usaha Sampingan Di Rumah

Ketika Anda tertarik membuka sebuah usaha sampingan di rumah Anda sendiri, mungkinkah bila Anda memilih sebuah usaha waralaba untuk Anda jalankan? Pertanyaan semacam ini sempat beberapa kali muncul dan dipertanyakan dan pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menemukan jawaban tept untuk pertanyaan tersebut.

Sebenarnya menjalankan bisnis waralaba sebagai usaha sampingan di rumah bukan sebuah keputusan salah. Tentunya dengan beberapa persyarataan yang menyertainya. Apalagi kini banyak pemilik waralaba yang menerapkan disclaimer pada para calon franchisee mereka dalam membeli program waralaba mereka. Dan salah satunya adalah persoalan pemilihan lokasi.

Maksudnya, pihak franchisee harus memastikan kalau lokasi yang dipilih cukup layak dan strategis secara ekonomi untuk dibuat menjadi lokasi usaha waralaba. Disclaimer ini terkait dengan banyaknya usaha waralab dilapangan yang berakhir bangkrut karena pengelolanya rupanya tidak melakukan riset terlebih dulu soal pemilihan lokasi. Karenanya kini pihak pemilik waralabalah yang mengambil alih urusan riset ini.

Lokasi dalam urusan bisnis apapun memang menempati urusan penting dan perlu mendapat porsi perhatian khusus. Lokasi strategis dari sisi bisnis selalu menempati prioritas bahkan hal yang sama juga berlaku ketika Anda menjalankan bisnis online. Lokasi domain Anda, nama dan judul web Anda dan alamat url Anda adalah lokasi yang perlu menjadi salah satu titik perhatian utama Anda.

Lalu ketika sudah bicara membuka usaha waralaba di rumah dengan status sebagai usaha sampingan di rumah, mungkinkah itu? Berikut ini beberapa situasi yang memungkinkan hal tersebut terwujud.

  1. Lokasi rumah Anda strategis
    Anda memiliki lokasi rumah dekat pasar, dekat jalan raya utama, dekat sekolah atau kompleks perkampusan, dekat kawasan kost-kostan atau lokasi strategis lain. Maka Anda layak saja membuka usaha waralaba di rumah Anda. Pasalnya lokasi Anda memang sudah bisa disebut layak sebagai lokasi pilihan dan memiliki nilai ekonomis. Anda bisa menggunakan tenaga pekerja untuk menjalankan usaha Anda ini kalau Anda ingin menjadikannya sebagai usaha sampingan.
  2. Bidang waralaba cocok denga lingkungan rumah
    Anda tertarik membuka sebuah franchise laundry di rumah Anda yang berada di perumahan besar dengan ratusan unit. Atau Anda tertarik membuka usaha franchise crepe murah di rumah yang berhadapan langsung dengan sebuah sekolah dasar. Selama Anda memili franchise yang sesuai dengan kondisi lingkungan rumah Anda rasanya itu bukan masalah sama sekali, malah artinya Anda memanfaatkan potensi rumah Anda dengan optimal.
  3. Anda memilih usaha waralaba berjalan
    Ada beberapa waralaba dengan model gerobak. Jadi rumah Anda nantinya hanya sebagai terminal sedang ketika jam operasi usaha, waralaba ini nanti akan berputar di kawasan sekitar rumah Anda menawarkan produknya secara keliling. Model lain dari jenis ini adalah waralaba kursus privat. Berhubung rumah Anda hanya sebagai pos terminal jadi itu sama sekali tidak akan menjadi masalah dan tidak akan berpengaruh pada omset usaha sama sekali.
  4. Anda memilih waralaba online
    Ketika yang Anda pilih adalah sebuah waralaba yang operasionalnya berjalan via online seperti usaha waralaba travel dan tiket online misalkan, maka ide untuk menjadikannya usaha sampingan di rumah bukan menjadi masalah. Pasalnya kalau sudah bisnis berbasis online pada dasarnya dimanapun Anda jalankan bukan menjadi masalah kan selama Anda bisa online? Bahkan di era serba canggih macam sekarang ini, Anda bisa menjalankannya hanya dari sebuah smartphone yang lebih fleksibel.
  5. Produk waralaba bersifat general
    Produk waralaba yang Anda pilih adalah penganan kecil yang dijual dengan harga sangat terjangkau segala kantong dan dan disukai segala kalangan. Misalkan saja makanan ringan macam martabak mini, es dawet, smoothies atau usaha waralaba yang penjualannya tidak terkait erat dengan lokasi tetapi lebih pada promosi seperti jasa pembuatan banner dan balon iklan serta model neon panel. Semua ini masi cukup rasional untuk Anda buka di rumah, selama lokasi rumah Anda tidak terlalu dalam dari jalan raya besar dan cukup ramai dilalui orang sebagai konsumen potensial.

Jadi apakah rumah Anda dan waralaba pilihan Anda memenuhi syarat di atas? Bila Anda menjawab iya, rasanya tidak ada alasan untuk menolak ide menjadikan usaha waralaba sebagai usaha sampingan di rumah bukan?-Tim Siap Bisnis-

5 Tips Wajib Untuk Usaha Waralaba Sebagai Usaha Sampingan Di Rumah | Hari Murti | 4.5

Komentar :