5 Tips Tepat Temukan Supplier Untuk Pelaku Bisnis Online Pemula Model Dropship

5 Tips Tepat Temukan Supplier Untuk Pelaku Bisnis Online Pemula Model Dropship

5 Tips Tepat Temukan Supplier Untuk Pelaku Bisnis Online Pemula Model Dropship

Salah satu peluang bisnis online yang paling populer dan banyak dipilih kebanyakan orang adalah bisnis online shop. Pasalnya bisnis ini terbilang mudah, kadang cukup dengan bermodal akun facebook saja Anda sudah bisa menjalankan usaha. Apalagi kini populer cara mudah memulai bisnis bagi pelaku bisnis online pemula dengan modal terbatas, yakni sistem dropship.

Dengan sistem dropship ini, pelaku bisnis online pemula yang masih memiliki modal sempit tidak harus pusing dengan masalah pembelanjaan barang dagangan dan masalah stok mandek yang membuat modal tidak berputar. Ini membuat bisnis online shop menjadi berkali lipat lebih mudah dan lebih simpel untuk Anda jalankan.

Karena dengan sistem dropship, Anda bisa memulai bisnis online cukup dengan modal kecil biasanya tak lebih dari 1 juta sebagai jaminan kerjasama dropship dan catalog yang bisa Anda share ke pasar via web atau cukup dengan facebook yang bebas biaya. Malah kalau Anda beruntung ada pula sistem dropship yang bebas uang jaminan.

Hanya saja untuk Anda para pelaku bisnis online pemula, ada satu kendala yang kerap menghadang Anda ketika Anda hendak memulai bisnis modal kecil ini. Salah satunya yang kerap muncul adalah masalah sulitnya menemukan supplier yang siap menjalin kerjasama dua arah dengan Anda.

Masalahnya meski Anda hanya sebagai agen penjualan, pada dasarnya konsumen nantinya akan menyampaikan keluhan mereka pada Anda, dimana sebenarnya bisa jadi Anda tidak tau menahu karena sepenuhnya hanya mengetahui produk dari kalatog belaka. Karena biasanya pada sistem ini pengiriman barang dijalankan langsung oleh supplier ke konsumen.

Bila Anda tidak menjalin kerjasama dengan supplier yang bisa berpihak pada kepentingan Anda, bisa jadi Anda hanya akan mempertaruhkan kredibilitas Anda sendiri sebagai pemilik online shop. Itu sebabnya sebaiknya Anda perlu lebih berhati-hati dalam menemukan supplier.

Karena Anda adalah pelaku bisnis online pemula, kerap kali Anda kesulitan menemukan supplier yang tepat. Dan beberapa informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda untuk menemukan supplier yang tepat untuk usah dropship Anda.

  1. Temukan dari sumber-sumber terpercaya
    Anda bisa manfaatkan sumber-sumber macam forum jual beli, forum komunitas seperti kaskus, atau malah marketplace macam tokopedia, buka lapak, elevenia dan sebagainya. Sumber-sumber ini biasanya menyertakan beberapa komentar dari mereka yang sudah memiliki pengalaman bekerja sama dengan mereka. Anda juga bisa memanfaatkan logo-logo yang biasanya menjadi penanda kredibilitas mereka di pasar, seperti misalkan cendol pada kaskus, atau bintang lima atau gold merchant pada tokopedia.
  2. Pastikan Anda bisa mendapatkan berbagai contact person
    Pada beberapa marketplace, biasanya situs sudah menyediakan sistem komunikasi berkonsep messager untuk calon konsumen. Masalahnya kadang sistem ini tidak selamanya bisa menyambungkan Anda dengan para penjual ini karena bisa jadi mereka terlalu sibuk untuk selalu online di dalam market place. Untuk itu sebaiknya Anda memastikan Anda bisa memiliki contact person mereka secara langsung dalam beragam alternatif, seperti BBM mereka no telpon, email, facebook akun, WA dan lain sebagainya. Setidaknya pastikan Anda bisa segera contact mereka tiap ada pesanan dan ada keluhan konsumen dengan mudah.
  3. Jangan mudah tergiur dengan harga murah
    Kadang penawaran yang masuk cukup mengejutkan karena cenderung membanting harga. Justru ini bisa membuat Anda terkecoh, karena bisa jadi ada hal-hal yang mencurigakan kalau mereka bisa membanting harga demikian jauh. Meski ada pula supplier yang memang memborong dalam jumlah sangat besar sampai bisa mendapat harga dasar dibawah harga dasar penjual lain. Tapi bukankah dengan cara ini bisa jadi barang mereka adalah stok lama yang mungkin sudah lama tersimpan dalam gudang?
  4. Test pesanan
    Anda jangan langsung tergiur dengan penawaran yang menggiurkan dan langsung menanam dana jaminan besar. Mulailah untuk ujicoba dulu dalam jumlah jaminan kecil. Lihat sebaik apa layanan mereka, secepat apa respon mereka atas calling Anda dan keluhan konsumen Anda.
  5. Pilih yang aktif
    Pastikan supplier pilihan Anda tampak selalu aktif di dunia online. Selalu mengupdate produk baru secara berkala yang bisa menjadi sinyal kalau barang mereka selalu mengalir, laku dan restock lagi.

Menjadi seorang pelaku bisnis online pemula memang harus dengan aktif memastikan kredibilitas Anda terjaga termasuk dengan memastikan Anda mendapat supplier yang bisa bekerjasama dua arah dengan Anda. Karena ketika Anda mengecewakan konsumen Anda, bisa jadi kredibilitas Anda taruhannya dan sebagai pemain pemula bisa jadi akan menjadi kehancuran bagi Anda. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.thinklean.net

Tag:

tips dropship untuk pemula, dropship pemula, loker kerja sampingan online di elevenia, dropship populer, dropship di elevenia, drop ship pake elevenia, cari supplier buat dropshiper pemula, cara menjadi pelaku olshop, cara dropshipper dari elevenia, cara dropship di elevenia
5 Tips Tepat Temukan Supplier Untuk Pelaku Bisnis Online Pemula Model Dropship | Hari Murti | 4.5

Komentar :