5 Tips Mutakhir Menjaga Omset Bisnis Kue Kering Stabil di Luar Musim Lebaran

5 Tips Mutakhir Menjaga Omset Bisnis Kue Kering Stabil di Luar Musim Lebaran

5 Tips Mutakhir Menjaga Omset Bisnis Kue Kering Stabil di Luar Musim Lebaran

Siapa yang mau menolak bagaimana potensi dari bisnis kue kering di masa lebaran? Ledakan permintaan yang luar biasa juga dengan sukses meledakan untung yang cukup menggiurkan. Beberapa pelaku bisnis kue kering skala menengah mengaku bisa mengantongi omset hingga ratusan juta di kala lebaran.

Yang menjadi masalah, bisnis kue kering ini langsung ditelan bumi kala diluar musim lebaran. Sehingga terkesan bisnis ini hanya layak menjadi bisnis musiman dan tidak memiliki potensi yang cukup baik di luar lebaran.

Padahal sebenarnya ada sangat banyak potensi pasar yang masih bisa Anda gali dari bisnis kue kering ini, bukan melulu soal lebaran atau natal. Meski memang untuk menangkap potensi diluar dua kesempatan besar tadi, jelas memerlukan kepekaan dan strategi pemasaran yang jitu dan mutakhir.

Nah, pertanyaannya bagaimana cara menangkap potensi-potensi besar tadi? Sebelum menjawab pertanyaan tadi, kita masuk dulu dalam persoalan potensi apa saja yang bisa Anda gali dari bisnis kue kering ini. 

Pasar terbaik bagi bisnis ini di luar momentum hari raya adalah musim pernikahan. Budaya lokal Indonesia yang menerapkan konsep hantaran pada pernikahan menjadi sebuah kesempatan besar bagi penjualan kue kering. Karena kue kering biasanya menjadi pilihan favorit dalam mengisi hantaran.

Anda juga bisa menggarap pasar umum, seperti kalangan ibu-ibu, remaja dan profesional. Toh sebenarnya tidak ada aturan hanya boleh makan kue kering di hari raya kan? Justru kue kering kerap dicari untuk hadiah bingkisan, promosi atau sekedar camilan iseng di rumah. Jadi ada banyak pasar yang bisa Anda masuki kan?

Sudah ada gambaran kan, kalau sangat banyak potensi yang layak Anda rengkuh dan tidak hanya berkutat dengan lebaran saja. Lalu bagaimana cara tepat untuk mengali potensi pasar tadi?

  1. Jalin kerjasama
    Salah satu pasar terbaik yang layak Anda garap adalah pasar hantaran. Untuk bisa mendapatkan share pasar yang cukup besar, Anda bisa mencoba menjalin kerjasama dengan event organizer atau jasa pembuat hantaran yang bertebaran di banyak kota. Anda bisa mendapatkan konsumen yang berasal dari konsumen rekanan Anda. Apalagi kalau Anda bisa memberikan penawaran menarik misalkan dengan kue-kue yang unik dalam bentuk dengan rasa yang berbeda dan tentu saja harga yang lebih terjangkau dari produk bakery.
  2. Memproduksi kue kering khusus
    Ide unik macam membuat kue kering tanpa telur, tanpa gula atau tanpa bahan mengandung gluten adalah salah satu terobosan teranyar dalam bisnis kue kering. Dengan ini Anda bisa merengkuh pasar khusus kalangan pelaku diet khusus seperti dari kelompok pengidap diabetes atau autis. Tidak banyak pilihan menu yang bisa leluasa mereka konsumsi karena keterbatasan kondisi mereka. Mereka akan sangat tertarik pada penawaran kue kering diet ini karena bisa memberikan mereka alternatif penganan yang aman untuk mereka konsumsi. Ide unik ini juga akan lebih baik bila Anda dengan cermat menjajal bahan-bahan berbeda macam tepung tapioka, tepung kacang hijau (hunkwe), tepung ubi atau isian yang unik macam tahu dan pewarna alami bunga rosella.  Bahan-bahan alami yang sehat ini bahkan juga akan memikat mereka yang sehat.
  3. Inovasi dalam produk
    Jangan hanya terpaku dengan kue macam nastar, kastengel atau putri salju yang bahkan kini banyak ibu rumah tangga yang sudah jagoan membuatnya di rumah. Cari ide-ide resep anyar dengan menggali inspirasi dari beragam kuliner dunia. Ada banyak sekali resep kue kering yang cukup unik dan berbeda dari penjuru dunia yang bisa Anda adaptasi dengan selera dan bahan lokal. Yang namanya pelaku usaha kuliner memang harus selalu melakukan inovasi dengan rasa. Tidak sulit kok berburu resep kue kering dunia, cukup bermodal internet saja.
  4. Buka reseller eceran
    Buat kemasan kecil dengan isi hanya sekitar 4 – 6 buah kue saja. Lalu buka konsep reseller dengan melibatkan para karyawan, pelajar dan mahasiswa untuk mengecerkannya di lingkungan mereka. Cara ini membantu Anda menjemput bola dengan mendatangi langsung pasar Anda. Semakin menarik karena produk kue kering Anda seolah menjadi produk sekali makan dengan harga yang terjangkau.
  5. Membuka online shop
    Cara yang selalu jitu dalam mengincar pasar yang luas adalah konsep online shop. Anda bisa melebarkan sayap penjualan Anda selebar-lebarnya. Hanya saja kelemahan dari bisnis kue kering dengan cara online shop ini adalah calon konsumen Anda tidak bisa icip-icip rasa kue buatan Anda. Jadi sebagai gantinya, jangan ragu memberikan nama yang unik dan menarik minat dengan menyertakan foto yang memikat. Jadi hias kue kering Anda secantik mungkin dan gunakan jasa fotografer yang cukup baik untuk membuat food photo yang komersial. Tambahkan juga keterangan lengkap bahan dan keunggulan dari kue buatan Anda tadi sehingga konsumen makin sreg untuk mencicipinya.

Siapa bilang bisnis kue kering hanya bisnis musiman? Asal Anda mau melakukan upaya-upaya di atas, Anda bisa kok menjadikan bisnis ini sebagai bisnis utama Anda. Buktinya, mereka yang sukses setidaknya mengakui sudah mengantongi omset diatas 10 juta tiap bulan. –Tim Siap Bisnis

Tag:

bisnis kue kering, usaha kue kering, cara memasarkan kue kering, usaha kue kering kiloan, pemasaran kue kering, bisnis kue lebaran, usaha kue lebaran, cara pemasaran kue kering, bisnis kue nastar, cara jualan kueh kering
5 Tips Mutakhir Menjaga Omset Bisnis Kue Kering Stabil di Luar Musim Lebaran | Hari Murti | 4.5

Komentar :