5 Tips Ampuh Pemasaran Untuk Jenis Peluang Usaha Bengkel Motor

5 Tips Ampuh Pemasaran Untuk Jenis Peluang Usaha Bengkel Motor

5 Tips Ampuh Pemasaran Untuk Jenis Peluang Usaha Bengkel Motor

Anda tertarik untuk membuka jenis peluang usaha bengkel motor? Bukan ide yang buruk sebenarnya, malah ini bisa kami katakan sebuah ide usaha yang brilian. Dengan pasar yang demikian besar, rasanya memang akan sangat besar kemungkinan Anda bisa meraup sukses dalam usaha ini.

Kami sudah sempat memuatnya dalam salah satu artikel kami yang lain, bagaimana berkembangnya pasar otomotif di Indonesia. Bahkan dalam salah satu data yang kami sadur dari CNN Indonesia dikatakan bahwa dalam satu bulan Indonesia menyerap setidaknya lebih dari 5 juta motor dari berbagai merek. Artinya dalam satu tahun saja ada setidaknya lebih dari 60 juta motor baru memadati jalanan.

Masuknya banyak perusahaan motor baru dari negara-negara yang selama ini tidak dikenal sebagai penghasil produk otomotif macam India turut memarakan pasar dan meningkatkan minat pasar akan motor baru.

Kita tidak sedang membicarakan potensi pasar dan jenis peluang usaha kendaraan bermotor, tetapi potensi dari bisnis bengkel sebagai salah satu pasar yang jelas turut mendapat imbas positif dari perkembangan pasar kendaraan motor roda dua ini. Dengan semakin banyaknya motor di jalanan, semakin tinggi pula kebutuhan akan bengkel motor dan ini bisa menjadi ide untuk Anda membuka sebuah usaha.

Hanya saja memasuki bisnis satu ini memang tidak bisa dikatakan mudah. Pasar yang demikian besar mendorong banyak orang tertarik untuk terjun pada bisnis ini. Persaingan bisa menjadi sangat ketat, bahkan tidak perlu heran kalau dalam satu ruas jalan saja Anda bisa menemukan 3 bengkel motor yang jarak satu sama lainnya bisa saja tak lebih dari 300 meter.

Dengan situasi macam ini, Anda perlu sedikit bersiasat dengan menerapkan beberapa langkah cara promosi atau pemasaran yang bisa membantu Anda bertahan dalam persaingan jenis peluang usaha bengkel ini. Beberapa langkah pemasaran yang bisa Anda coba antara lain :

  1. Memberi kartu member
    Beberapa bengkel menggunakan sistem kartu member yang akan diberikan kepada pelanggan bengkel yang setidaknya sudah melakukan kunjungan beberapa kali pada bengkel tersebut. Pemegang kartu member biasanya akan mendapat keistimewaan khusus seperti diskon, penawaran khusus atau fasilitas khusus. Biasanya mereka yang sudah mendapatkan kartu member akan merasa sayang untuk tidak memanfaatkannya dan memilih untuk setia pada bengkel Anda.
  2. Bekerja sama dengan komunitas
    Anda bisa menjalin kerjasama dengan komunitas atau club motor tertentu di kota Anda. Anda perlu menyiapkan diri dengan selalu memiliki seluruh sparepart dan aksesoris motor sesuai dengan jenis motor club tersebut. Berikan penawaran istimewa supaya bengkel Anda bisa menjadi bengkel resmi club, seperti harga khusus, stok paling lengkap dan layanan khusus.
  3. Kerjasama dengan café atau salon
    Anda bisa menyewakan space di bengkel Anda untuk pengelola salon atau café. Bila konsumen bengkel bisa menunggu sambil merawat rambutnya atau sambil menikmati secangkir capucinno hangat rasanya ini bisa jadi ide menarik. Atau malah jalin sistem kerjasama untuk tiap pengunjung bengkel bisa mendapat potongan harga khusus di café atau salon tersebut. Café atau salon terlihat terlalu mahal untuk kelas bengkel Anda, kerjasama dengan penjual burjo saja kalau begitu, tetap menarik kan?
  4. Layanan antar jemput motor
    Beberapa bengkel yang menambahkan layanan jemput motor dan antar motor bisa mencuri beberapa konsumen yang berjarak sedikit lebih jauh dari lokasi usahanya. Pasalnya banyak pemilik motor terlalu sibuk atau mungkin terlalu malas untuk berangkat ke bengkel. Layanan ini bisa membantu konsumen Anda sekaligus menarik konsumen dengan konsep jemput bola.
  5. Sediakan sarana lengkap
    Pemasaran tidak harus dengan menjalin kerjasama atau sibuk berpromosi, pemasaran juga mencakup layanan yang bisa Anda optimalkan untuk konsumen Anda. Selalu lengkapi layanan perbengkelan Anda supaya bengkel Anda bisa menjadi semacam one stop shopping untuk konsumen Anda. Sediakan pula sarana tunggu memadai dengan ruangan yang nyaman disertai hiburan seperti TV, musik atau malah majalah dan buku bacaan.

Siap bertarung dalam persaingan usaha perbengkelan? Coa jalankan tips-tips di atas dan temukan kekuatan Anda kembali dalam menghadapi persaingan pada jenis peluang usaha bengkel motor. Selamat mencoba.. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : gbmotorcycles.ie

Tag:

cara menarik pelanggan bengkel motor, cara menarik pelanggan bengkel, bengkel motor rumahan, pemasaran bengkel motor, contoh promosi bengkel motor, promosi bengkel, trik agar bengkel motor tetap tamai, cara promosi bengkel motor, mengatasi persaingan usaha bengkel motor, cara pemasaran usaha bengkel lewat internet
5 Tips Ampuh Pemasaran Untuk Jenis Peluang Usaha Bengkel Motor | Hari Murti | 4.5

Komentar :