5 Teknik Marketing Yang Sudah ketinggalan Jaman

5 Teknik Marketing Yang Sudah ketinggalan Jaman

5 Teknik Marketing Yang Sudah ketinggalan Jaman

Kalau sebelumnya saya sudah membahas mengenai trik lama dalam dunia marketing yang masih mampu mendatangkan konsumen dengan dahsyat ke hadapan Anda. Ternyata justru ada beberapa teknik marketing masa kini yang sudah tidak lagi relevan dengan perkembangan terkini.

Dunia makin pintar demikian yang terbukti dari beragam tes IQ yang semakin kompleks dan unik dibandingkan dengan tes serupa 10 tahun lalu. Konsumen bukan lagi mereka yang mudah Anda giring asumsi dan pola belanjanya cukup dengan rayuan. Karena kini mereka mencari bukti dan kenyataan.

Banyak teknik marketing baru yang muncul, yang memberi Anda wacana baru pada beberapa tahun lalu mengenai bagaimana mencuri hati konsumen. Tetapi kini mereka sudah paham trik Anda, jadi cara ini perlu Anda modifikasi untuk kembali mampu membujuk mereka membeli.

Apa saja teknik marketing yang perlu Anda modifikasi?

  1. Rekomendasi bayaran
    15 tahun lalu konsumen hanya mengenal janji dan jaminan hingga konsumen mengenal kata referensi dan rekomendasi dalam beberapa tahun terakhir. Mereka yang mendapatkan rekomendasi terbanyak dalam nilai  yang positif pasti akan menunjukan progress. Sayangnya banyak pelaku usaha yang mulai mencari jalan pintas untuk mendapatkan rekomendasi. Salah satunya dengan mencari rekomendasi bayaran.
    Tetapi kini langkah ini tidak lagi mempan membius konsumen. Rekomendasi bayaran yang terkesan penuh kata rayuan mulai terlihat ketidak tulusannya. Konsumen kemudian lebih mereka yang fair dengan komentar yang masuk, menerima setiap kritikan dan memang terpuaskan dengan baik. Jadi lupakan rekomendasi bayaran dan temukan rekomendasi yang tulus, karena konsumen mulai bisa membedakannya.
  2. Email massal
    Beberapa tahun setelah dunia internet berkembang, bisnis memulai era pengembangan bisnis via email. Yang menarik, pada beberapa tahun berikutnya lahirlah teknik email massal yang membuat Anda cukup membuat sebuah surat dan mengirimnya sekaligus keribuan alamat email dengan satu klik. Efektif? Iya…jelas!!
    Tetapi cara ini mengaburkan segala hubungan personal penjual dan pembeli. Seluruh surat terkesan general dan ketika konsumen menyadari trik ini, mereka justru menilai Anda sebagai pemalas yang tidak menghargai mereka. Jadi jangan ragu untuk membuat master surat, beri nama masing-masing dan sertakan sesuatu yang khusus dalam email misalkan ucapan terimakasih atas pembelian produk bla…bla..bla… pada tanggal sekian. Nah Anda tetap bisa sedikit lebih efektif dalam menyampaikan email tanpa menghilangkan kesan personal.
  3. Waktu terbatas
    Bila 5 tahun lalu Anda sertakan sebuah jargon besar-besar pada sebuah spanduk dengan isi “waktu terbatas” mungkin akan memberi efek bius pada konsumen untuk segera berlari membeli produk Anda. Tetapi cara ini tidak lagi efektif dalam beberapa waktu terakhir ini. Mereka mulai sadar bahwa mereka sebenarnya tidak benar-benar dalam kondisi terdesak untuk membeli. Jadi bodo amat dengan waktu terbatas Anda.
    Ketimbang Anda masukan kata-kata yang tidak lagi memberi efek ini, lebih baik Anda buat mereka merasa bahwa mereka perlu produk Anda sekarang. Pahami kebutuhan konsumen, bangun produk dan pencitraan sesuai dengan kebutuhan tadi maka dengan sendirinya mereka akan berlari untuk mengejar Anda.
  4. Jargon abstrak
    Kata-kata macam “luar biasa”, excellent”, inovatif dan sebagainya memang kerap menjadi kata kunci utama dalam banyak jargon headline promosi. Sayangnya kata-kata ini kerap dianggap abstrak tanpa bisa menangkap apa yang menjadikannya luar biasa dan inovatif tadi.
    sebaiknya Anda ganti kata-kata ini dengan sesuatu yang real. Misalkan dengan mengganti kata inovatif dengan kalimat “ hasil inovasi  5 tahun oleh lembaga Y dari Universitas W”. Pernyataan ini lebih terasa real bahkan memberi peluang konsumen untuk cek sendiri ke instansi terkait.
  5. Teknik Publisher
    Pada tahun 2008 ketika dunia e-commerce menjadi-jadi, dunia mulai mengenal istilah SEO. Teknik publisher yang membantu Anda mengejar posisi teratas dalam search engine macam Bing, MSN atau google. Sejak awal SEO sudah terdiri dari banyak teknik yang harus Anda terapkan dalam penulisan informasi.
    Sayangnya banyak para pelaku bisnis online yang mengakali SEO. Tetapi kini dunia internet semakin berkembang, search engine juga semakin selektif dalam memilih informasi untuk masuk dalam daftar halaman pertama. SEO lama sudah tidak lagi mampu memenuhi cara-baru ini. Anda perlu terus update mengenai cara menampilkan web atau blog Anda dengan baik sesuai harapan search engine. Jangan terkungkung dalam masa 2008 yang sudah tidak lagi relebvan dengan situasi terkini.

Salah satu kata mutiara yang perlu Anda tanamkan dalam pemikiran Anda adalah “satu hal yang pasti adalah perubahan”. Jadi jangan pernah berharap dunia akan tetap sama dan tidak berkembang. Jangan pernah berhenti untuk mengikuti perkembangan bila Anda tidak mau tertinggal. Termasuk ketika teknik marketing Anda perlu modifikasi dan adaptasi. -Tim Siap Bisnis-

5 Teknik Marketing Yang Sudah ketinggalan Jaman | Hari Murti | 4.5

Komentar :