5 Macam Usaha Kecil Yang Menguntungkan Pasca Banjir

5 Macam Usaha Kecil Yang Menguntungkan Pasca Banjir

5 Macam Usaha Kecil Yang Menguntungkan Pasca Banjir

Tak terelakan banjir kembali melanda beberapa kota di Indonesia, beberapa cukup memprihatinkan dengan kedalaman mencapai lebih dari 2 meter. Dengan kedalaman sedemikian tinggi, sudah pasti banyak yang merasa dirugikan baik secara material dan immaterial.

Tetapi siapa sangka di balik duka selalu ada secercah cahaya. Ternyata ada lho usaha kecil yang menguntungkan di tengah musibah besar macam banjir ini. Bahkan tidak sedikit usaha kecil yang mampu mencatatkan keuntungan besar justru karena kedatangan banjir ini.

Jadi tidak selamanya musibah mendatangkan kerugian rupanya. Beberapa bisnis dan usaha kecil berikut ini mengaku justru diuntungkan berkat adanya banjir di kota mereka membuka usaha.

  1. Usaha laundry sofa
    Sebenarnya usaha jenis ini sudah ada sejak dulu dan bukan bisnis musiman di kala banjir saja. Usaha kecil yang menguntungkan ini menawarkan jasa pencucian produk sofa, spring bed, karpet hingga jok mobil menjadi bersih dan kinclong lagi. Dengan banjir dahsyat yang dialami beberapa kota di Indonesia pada pertengahan Januari 2014 lalu, tentu saja sangat banyak kasur spring bed, sofa, karpet hingga jok mobil yang terendam dalam genangan air dan lumpur hingga setidaknya 1 -2 minggu.Kondisi ini menjadi peluang pasar yang sangat besar untuk para penyedia jasa laundry sofa. Beberapa pelaku usaha ini mengaku mengantongi tidak kurang dari 50 juta untuk setiap musim banjir ini. Padahal untuk membuka usaha ini hanya membutuhkan modal tidak sampai 10 juta.
  2. Tukang ganti jok sofa
    Jok Sofa terlalu kotor untuk dibersihkan? Satu lagu usaha kecil lain yang akan kebaniran order dengan sangat drastis. Usaha tersebut adalah usaha penggantian jok sofa. Dengan cukup parahnya kondisi dan lamanya banjir, sofa yang terlalu lama terendam akan lapuk dan sudah tak layak lagi untuk dipakai. Satu-satunya alternatif selain membeli baru adalah dengan mengganti joknya. Mereka yang mengalami problem ini akan membanjiri jasa penggantian jok sofa. Jadi kalau Anda juga cukup lihai dalam menjahit sofa dan membuat lapisan sofa dengan rapi, ide bisnis kecil yang menguntungkan ini layak Anda jajal. Modal Anda tidak terllau besar, cukup kisaran 10 juta untuk modal bahan jok dan Anda bisa mengeruk hasil keuntungan setidaknya 15 jutaan. Menarik bukan?
  3. Reparasi elektronik
    Bukan hanya kasur dan sofa yang menjadi korban keganasan banjir, tetapi juga semua peralatan elektronik macam TV, kipas angin, AC, mesin cuci hingga kulkas. Kalau Anda nekad menggunakan mesin elektronik ini dalam keadaan basah dan penuh lumpur jelas baal konslet kan? Jadi satu-satunya cara untuk bisa mempertahankan peralatan ini adalah dengan mengurasnya. Tetapi tidak mudah pula mengurasnya sendiri, itu sebabnya kemudian banyak orang memilih menggunakan jasa reparasi elektronik. Biasanya sebuah jasa reparasi mengenakan biaya pembersihan mencapai Rp 50 ribu hingga 100 ribu, tergantung ukuran peralatan. Bayangkan bila dalam sehari sebuah jasa harus menggarap seridaknya 5 peralatan, sebulan sudah berapa?
  4. Jasa pencucian mobil dan motor
    Terbayangkan semua motor dan mobil yang terpaksa terendam dalam air banjr selama 1 -2 minggu? Kalau tidak segera ditindak oleh bengkel bisa-bisa tidak mungkin jalan lagi alias jadi rongsokan. Itu salah satu keuntungan besar dari bisnis pencucian di musim banjir. Mereka bisa kebanjiran order sampai antrian panjang karena sangat banyak mobil dan motor yang perlu dikeringkan dan dibersihkan dari lumpur. Biasanya beberapa jasa pencucian juga sekalian membuka bengkel untuk mengantisipasi keluhan kerusakan. Dengan modal hanya sekitar 5 jutaan saja,  usaha jasa pencucian ini bisa mengeruk untung tak kurang dari 8 jutaan.
  5. Penjualan peralatan kebersihan
    Rumah, halaman, kamar hingga loteng kotor berlumur lumpur. Dengan kondisi demikian buruk, PR terbesar para korban adalah membersihkan rumah. Masalahnya perlu peralatan kebersihan dengan kualitas baik dalam jumlah banyak untuk bisa membersihkan kotoran deikian tebal di tiap-tiap rumah. Jangan heran kalau di musim banjir macam ini, berjamurlah penjaja peralatan kebersihan mulai dari mop, pel sorong sampai pembersih loteng. Cukup bermodal sekitar 2 -3 juta saja, dalam sehari dagangan Anda bisa ludes dan untung setidaknya 1 jutaan. Sebulan bisa 30 juta donk?

Nah…siapa bilang Anda hanya bisa meratap dikala banjir besar melanda. Kalau Anda jeli, Anda juga bisa mencuri kesempatan untuk meraih untung besar dengan memanfaatkan kebutuhan warga korban banjir. Justru kehadiran jasa-jasa tadi sangat besar artinya bagi para korban, karena mereka tidak lagi harus menjual peralatan rongsokan mereka yang mungkin tidak akan seberapa lagi harganya.

Bisnis kecil yang menguntungkan bukan? Dengan modal terbatas Anda bisa menghasilkan keuntungan besar. Kadang memang kesempatan bisa datang dari kesempitan. –Tim Siap Bisnis

Tag:

101 usaha kecil, banjir menguntungkan atau tidak, bisnis musim banjir, bisnis yang di banjiri order, ide alat setelah banjir, membuat peluang bisnis dari banjir, tips usaha banjir bisnis dalam sebulaan, usaha yang cocok di daerah banjir, usaha yang tepat untuk daerah yang terkena banjir
5 Macam Usaha Kecil Yang Menguntungkan Pasca Banjir | Hari Murti | 4.5

Komentar :