5 Langkah Yang Harus Anda Ketahui Dalam Menjalankan Bisnis Rumahan Online

5 Langkah Yang Harus Anda Ketahui Dalam Menjalankan Bisnis Rumahan Online

5 Langkah Yang Harus Anda Ketahui Dalam Menjalankan Bisnis Rumahan Online

Mudahnya menghasilkan uang dewasa ini mungkin tidak dipungkiri oleh banyak orang. Berkat majunya dunia internet saat ini semua orang dengan ringannya mengakses aktivitas dunia maya dan sekaligus dengan simpelnya membuka usaha via online. Bahkan perkembangan bisnis rumahan online menjadi sangat luar biasa.

Meski sudah berkembang dengan demikian pesat, masih banyak orang yang mengaku cukup ngos-ngosan dengan bisnis online yang mereka kembangkan. Padahal sudah terlanjur berniat untuk full time dengan bisnis online mereka dan menjadikan dirinya 100% pelaku bisnis rumahan online. Ternyata apa yang dibayangkan tidak sesederhana kenyataanya. Bahkan banyak pula pelaku usaha online yang terpaksa gulung tikar.

Memang gulung tikar versi bisnis online berbeda dengan gulung tikar versi bisnis konvensional.kan kebanyakan dari bisnis online tidak menggunakan bilangan modal yang besar. Tapi kadang karena nilai modalnya yang kecil inilah malah yang membuat usaha ini hancur. Kebanyakan tidak sepenuhnya mempersiapkan diri menghadapi proses demi proses dalam bisnis online. Malah lebih buruk lagi banyak yang tidak tau sebenarnya bagaimana menjalankan bisnis online seharusnya.

Memang bisnis online itu ringan modalnya, karena sebenarnya modal terbesarnya terletak pada ilmu dan tekniknya. Anda menguasainya dengan tepat maka sukses di tangan. Dan kadang ilmu dan teknik ini tidak semuanya bisa Anda dapat dengan murah dan mudah. Tidak selalu dihitung dalam angka atau bilangan uang, tetapi nilai pengalaman dan pengamatan untuk memahami trik-trik dalam menjalankan bisnis online.

Mungkin untuk membagi ilmu dalam bisnis online rasanya akan menghabiskan ribuan kata dan tak akan cukup dalam 1 kali artikel. Tapi kami mencoba merangkumnya dalam beberapa trik berikut ini.

  1. Kaitkan dengan Sosial media
    Jangan malas mengurus beberapa chanel sekaligus untuk bisnis online Anda. Anda memang harus memanfaatkan sosial media sebagai media tambahan untuk usaha Anda. Anggap saja facebook dan email adalah sebuah lokasi tongkrongan. Bayangkan ketika Anda membuka sebuah booth kecil di lapangan parkir timur Jakarta atau di jalur sanmor Yogya di minggu pagi. Semua bertumpuk di sana dan apapun yang dijual seolah laku keras.
  2. Jangan jengah dengan SEO
    Mau bagaimana lagi, bisa dikatakan memahami dan menggunakan prinsip SEO sudah seperti cara kerja dalam dunia berbasis online ini. Dan yang membuatnya jadi membuat jengah, perkembangan SEO sendiri tak ada habisnya, mereka selalu membuat prinsip dan teknik baru untuk memperketat sistem dalam pembacaan konten dan kadang ini membuat Anda harus selalu bekerja keras untuk beradaptasi, padahal mempelajari setiap algoritma baru saja sudah membuat pusing. Ini yang kemudian disebut dengan kadang bukan uang tetapi pengalaman dan ketekunannya yang bahkan tidak lagi bisa dihitung dengan uang.
  3. Jangan berlebihan
    Begitu inginnya bisa terbaca oleh google, Anda menjejalkan konten dengan keyword sampai dipaksakan penggunaanya. Atau Anda setiap 10 menit sekali share produk di facebook Anda tanpa henti, Atau membangun link dengan cara yang terlalu ”terus terang”,blogwalking tanpa benar-benar baca konten si empunya blog komen seperlunya dan langsung set link. Apapun dan bagaimanapun berlebihan tidak akan akan membuahkan hasil sekalipun Anda memang punya 24 jam waktu untuk bisnis rumahan online ini.
  4. Luangkan waktu
    Menjalankan bisnis di rumah memang kadang menjebak Anda dengan pengaturan jadwal kera yang jadi tidak menentu. Padahal meski dijalankan di rumah, Anda tetap ingin menjadikan usaha Anda professional kan? Luangkan waktu setidaknya 3 kali sehari dengan full konsentrasi untuk menjalankan usaha Anda, mulai dari melayani komentar dan pertanyaan termasuk melayani konsumen, melakukan blog walking dan promosi.
  5. Bangun kepercayaan
    Kadang karena Anda membuka bisnis rumahan online yang artinya tanpa kantor, Anda tidak mau berbagi pada konsumen dan pengunjung Anda lokasi keberadaan Anda. Bagaimanapun eksistensi Anda secara offline turut membangun kepercayaan. Setidaknya mereka bisa tau pasti Anda memang bisa terdeteksi keberadaanya. Dan tidak mustahil untuk mereka ingin bertemu langsung dengan Anda bahkan bertransaksi secara offline.

Dunia bisnis online memang penuh dengan prospek tetapi juga penuh dengan banyak kekurangan yang membuatnya perlu lebih banyak ketekunan untuk Anda jalankan. Bukankah Anda sudah berniat menjalankan bisnis rumahan online jadi apa alasan untuk Anda tidak melakukan sepenuhnya dengan bisnis ini bukan? -Tim Siap Bisnis-

5 Langkah Yang Harus Anda Ketahui Dalam Menjalankan Bisnis Rumahan Online | Hari Murti | 4.5

Komentar :