5 Hal Penting dalam Melihat Peluang Usaha Franchise di Kota Kecil

5 Hal Penting dalam Melihat Peluang Usaha Franchise di Kota Kecil

5 Hal Penting dalam Melihat Peluang Usaha Franchise di Kota Kecil

Salah satu jalur usaha yang dikenal lebih mudah untuk Anda jalankan, meski Anda seorang pemula adalah menjalankan usaha franchise. Dengan keberadaan sistem yang sudah terorganisir dan produk yang sudah siap jual, Anda sebagai pemula tentu bisa mengefektifkan proses persiapan usaha.

Hanya saja kerap kali keluhan muncul dari mereka yang tertarik dengan peluang usaha franchise dari daerah atau kota kecil. Bukan hal baru lagi bahwa tidak banyak usaha franchise yang tampaknya berjalan lancar di kota besar, ternyata tidak mampu bertahan 6 bulan di kota kecil.

Untuk itulah seorang yang berdomisili di kota kecil atau berniat membuka usaha franchise di kota kecil, harus mencoba melihat lebih seksama. Bagaiaman sebenarnya peluang usaha franchise di kota kecil. Beragam perbedaan yang cukup mendasar antara kehidupan perkotaan dan di kota kecil  tentu saja berbeda. Ini mempengaruhi kemampuan sebuah usaha franchise dapat bertahan dan sukses di sana.

Lalu apa saja yang harus Anda perhatikan dalam melihat peluang usaha franchise di kota kecil? Memilih jenis franchise yang paling populer dan mudah terjual. Salah satu pilihan yang cukup potensial adalah franchise makanan dan minuman. Tentu saja dengan memperhatikan beberapa hal yang spesifik dari kota kecil. Karena Anda tetap harus selektif dalam memilih jenis franchise dan menjalankan strategi.

Apa saja yang harus hal-hal spesifik yang harus Anda perhatikan?

  1. Perhatikan selera lokal
    Bila usaha Anda bergerak dalam bidang makanan dan minuman, sebaiknya Anda mencoba lebih seksama dengan selera lokal. Kebanyakan masyarakat di kota kecil cenderung asing dengan makanan dengan rasa yang berbeda dan tampilan yang terlalu jauh dari kebiasaan makan mereka. Ada rasa takut dalam pemikiran mereka kalau lidah dan perut mereka kurang cocok, meski sebenarnya tidak selalu kehawatiran mereka terbukti. Jadi bila Anda tetap nekad memilih franchise makanan asing macam pasta atau frozen yoghurt yang bisa mereguk sukses di beberapa kota besar, Anda harus siap dengan strategi matang dan resiko yang lebih besar di kota kecil.
  2. Target kalangan muda
    Dimanapu  kalangan muda memiliki kecenderungan untuk lebih dinamis, jadi lebih siap dan lebih penasaran dengan hal yang baru dan berbeda. Termasuk dalam memasarkan produk franchise makanan dan minuman Anda. Meski sebenarnya sebagian besar usaha franchise memang sudah sejak awal mentargetkan pasar ke kalangan anak muda, tetapi bagi Anda yang membuka usaha franchise di kota kecil, Anda harus lebih cermat dalam melakukan pendekatan kepada pasar Anda. Ketimbang berpromosi dengan brosur, Anda bisa mengalihkan dana Anda untuk mensponsori acara anak SMA di kawasan Anda. Atau membagikan voucher untuk anak sekolahan.Biasanya ide ini lebih baik karena lebih fokus. Cara ini juga bisa cukup efektif untuk menyingkirkan rasa ragu pada konsumen.
  3. Perhatikan harga pokok
    Harga pokok mau tidak mau selalu akan berakibat pad harga yang akan Anda bandrolkan pada produk franchise. Pada umumnya kebanyakan masyarakat di kota kecil memiliki daya beli yang terbatas. Keterbatasan ini semakin membuat mereka takut menyisihkan uang untuk membeli produk yang Anda jual dengan keraguan apakah mereka suka dan cocok. Jadi selain Anda harus menyingkirkan keraguan mereka, Anda juga harus bisa memilih produk dan sistem franchise yang tidak terlalu mahal. Karena ini bisa membantu Anda menekan harga pokok dan tentunya akhirnya menekan harga.
  4. Pilih produk model camilan
    Salah satu produk makanan atau minuman yang lebih mudah untuk terjadi repeat order adalah produk camilan. Di kota besar atau di kota kecil, sajian macam ini kerap kali mampu membuat repeat order lebih cepat. Kadangkala satu kemasan tidak cukup memuaskan kebutuhan nyemil. Di kota kecil, penganan ini juga terkesan cukup ringan untuk sekedar dicoba. Sajian camilan juga cukup akrab dengan selera lokal. Meski dengan cara penyajian yang cukup unik sekalipun, camilan tidak terlalu menyeramkan untuk mereka jajal.
  5. Pemilihan lokasi
    Nah yang terakhir yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan lokasi booth. Ide untuk membuka di pusat perdagangan macam pasar atau supermarket di kawasan kota kecil adalah ide paling klasik dalam membuka peluang lebih baik. Kedua tempat ini menjadi pusat aktivitas ekonomi di kota tersebut, jadi cukup potensial untuk usaha franchise Anda. Tetapi Anda juga bisa mencoba ide segar lain misalkan dengan mencoba membukanya di dekat sekolah, dekat rumah sakit, kawasan alun-alun kota, dekat terminal atau transplate bis. Beberapa lokasi tersebut merupakan pusat keramaian yang spesifik di kota besar dengan potensi yang cukup besar. Pilihlah lokasi dengan persaingan yang tidak terlalu ketat dan pilihlah lokasi dengan daya beli masyarakatnya yang sesuai dengan harga produk.

Nah, kini semakin jelas kan bahwa tidak mustahil menjadi sukses dengan peluang usaha franchise makanan di kota kecil. Asal Anda lebih cermat dalam memilih franchise dan lebih spesifik dalam menjalankan sistem manajemen, Anda bisa juga sukses dengan franchise seperti di kota besar.-Tim Siap Bisnis

Tag:

usaha di kota kecil, peluang usaha di kota kecil, peluang usaha di kota, peluang bisnis di kota, bisnis di kota kecil, peluang bisnis di kota kecil, peluang usaha di kota besar, peluang bisnis yang menjanjikan di kota kecil, bisnis di kota, peluang usaha yang cocok di kota kecil
5 Hal Penting dalam Melihat Peluang Usaha Franchise di Kota Kecil | Hari Murti | 4.5

Komentar :