4 Trik Bisnis Internet Marketing, Peran Besar Display Website Online Shop

4 Trik Bisnis Internet Marketing, Peran Besar Display Website Online Shop

4 Trik Bisnis Internet Marketing, Peran Besar Display Website Online Shop

Anda pasti pernah bukan bertandang ke salah satu toko atau mungkin malah supermarket dan department store di kota Anda. Dan perhatikan apa yang selalu menarik di sana? Pasti penataan tokonya, benarkan? Nah ini dia yang memberi kami ide untuk mengulas mengenai trik bisnis internet marketing kita kali ini.

Apa kaitannya antara tatanan toko dengan bisnis internet marketing? Tentu saja ada kalau Anda menjadikan tataan toko konvensional ini sebagai analogi dari tatanan display website Anda. Karena sadar atau tidak sadar, para pemilik supermarket atau department store ini sebenarnya sudah memikat Anda dengan tatanan toko mereka atau dalam bahasa lainnya kita kenal dengan istilah layout.

Sebelum memasuki ranah trik praktis dalam bisnis internet marketing, coba dulu kita tilik bagaimana layout dari sebuah toko semacam department store atau supermarket. Di sini konsumen diberi keleluasaan dalam mengakses setiap barang yang dijual memilih dan melihat dengan sepuasnya, bahkan bebas menjajalnya satu persatu.

Demi kemudahan akses ini maka setiap produk ditata dalam rak-rak yang tertata dengan rapi dalam lorong-lorong yang cukup nyaman dilalui. Setiap produk ditata dengan pengelompokan produk sejenis sehingga sangat mudah untuk konsumen cari.

Azas kemudahan adalah nilai penting utama yang menjadi prioritas dari penataan layout dalam toko. Mudah diambil, mudah dilihat dan mudah dipilih. Dengan cara ini pihak penjual tidak perlu repot melayani konsumen satu persatu dan pihak pembeli juga dengan praktis bisa mendapatkan semua kebutuhannya tanpa harus menunggu antrian dilayani. Itu pula sebabnya kadang kata swalayan juga dikenal dengan istilah swalayan.

Nah prinsip yang sama ini pula yang perlu Anda adaptasi dalam sistem penataa layout pada website online shop Anda. Trik bisnis internet marketing kali ini adalah memberi Anda pemahaman betapa pentingnya bagi Anda memberikan kemudahan dan kepraktisan pada layout website online shop Anda demia menunjang konsep swalayan.

Lalu seperti apa tata layout bisnis internet marketing yang sebaiknya Anda buat dalam website online shop Anda?

  1. Sederhanakan display
    Konsumen akan malas berlama-lama pada website dengan display website yang terlalu rumit, banyak detil, ramai, dan penuh ornamen. Meski akan membuat tampilan website Anda menarik dan meriah, tetapi online shop Anda sedang berjualan produk bukan ornamen display. Justru dengan display yang sederhana maka produk akan lebih tampak dimata konsumen. Pilih warna dasar dan biarkan warna yang memikat mata justru datang dari produk. Selain memudahkan konsumen, tampilan macam ini juga akan membuat konsumen mudah tergiur pada produk Anda.
  2. Buat tatanan supaya mudah menemukan item
    Buat penataan display dengan “rak-rak” virtual yakni dalam pengelompokan produk berdasar kategori tertentu. Ini memudahkan navigasi penemuan produk bagi konsumen. Penataan ini juga memberi Anda kemudahan dalam mengelola stok dan penjualan produk.
  3. Perhatikan “etalase”
    Siapa bilang yang butuh etalase hanya toko konvensional. Rupanya online shop juga memerlukan “etalase” yang memajang produk andalan Anda di sisi depan website alias pada halaman home. Etalase juga bisa Anda pajang pada header website. Konsumen biasanya kerap menilai dari kesan pertama, jadi bangun kesan pertama berdasar citra yang ingin Anda sampaikan pada pengunjung website melalui” etalase” ini. Etalase juga bisa anda sajikan dalam bentuk daftar produk terbaru atau daftar produk terlaku di halaman muka website.
  4. Buat halaman yang simpel
    Pengunjung sebuah toko online datang ke dalam web Anda dengan tujuan belanja atau setidaknya window shoping virtual. Jadi untuk apa Anda memenuhi website Anda dengan beragam halaman yang isinya tak lebih dari sekedar ocehan belaka seperti profil, latar belakang atau ragam hal lain. Penuhi website Anda dengan halaman yang memuat produk yang Anda jual dan artikel yang bertujuan menarik massa virtual menuju web Anda.

Display website online shop yang tepat akan menjadi pendukung proses konvensi pengunjung, jadi penting bagi Anda memperhatikan pilihan display dan layout website dengan tepat. Dan itulah trik bisnis internet marketing dari kami, semoga bemanfaat untuk bisnis online Anda. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.nengflora.blogspot.com

4 Trik Bisnis Internet Marketing, Peran Besar Display Website Online Shop | Hari Murti | 4.5

Komentar :