4 Strategi Pemasaran Jasa Yang Akan Meledakan Omset Penjualan

0
58

Strategi pemasaran jasa – Mungkin saja belum banyak yang memahami jika ternyata memasarkan bisnis jasa profesional tidaklah sama dengan memasarkan bisnis menghasilkan barang. Barang tersebut bisa disentuh, berwujud, dan bisa dilihat, bahkan ada yang dapat dirasakan sebelum kita akan memutuskan untuk membeli.

Jasa itu tidaklah berwujud. Kita tidak dapat mengetahui mutu sebelum kita membeli, apakah kita akan menyukai, atau apa jasa tersebut akan bisa memberikan solusi efektif pada permasalahan yang kita hadapi.

Oleh karenanya, saat kita memutuskan untuk beli sebuah bentuk produk jasa pertama kalinya, kita haruslah mengandalkan penilaian kita sendiri mengenai orang ataupun perusahaan yang akan memberi jasa tersebut.

Tapi jika kita sudah mengenal orangnya ataupun mempercayainya, kemungkinan semakin besar untuk kita akan membeli jasanya. Jadi apa strategi pemasaran jasa?

Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran jasa yang kami pikir cocok untuk para bisnis jasa profesional. Beberapa strategi ini coba kami urutkan dari yang paling efektif sampai ke yang paling kurang efektif:

Menghubungi secara Langsung dan Tindak Lanjut

Strategi pemasaran jasa dengan menghubungi secara langsung, dalam hal ini berarti kita membuat kontak secara langsung pada calon klien-klien kita. Hal ini dapat dilakukan baik secara tatap muka, via telepon, surat, e-mail, ataupun secara online lainnya.

Setelah sudah kontak pertama, perlu kita lakukan tindak lanjut supaya hubungan kita dengan mereka jadi lebih kuat dan mereka akan menjadi lebih mengenal kita. Ini merupakan strategi yang paling efektif untuk bisa memasarkan jasa profesional miliki kita.

Networking dan juga Membangun Referensi

Strategi pemasaran jasa dengan Networking ialah dengan mengumpulkan nama-nama yang bisa kita manfaatkan untuk jadi klien, referral, dalam mendapatkan informasi, dan lain sebagainya. Kita juga bisa mendapat orang yang dapat mereferensikan kita terhadap nama-nama tersebut yang berhubungan dengan pasar yang akan menjadi sasaran kita.

Berbicara di depan Umum

Strategi pemasaran jasa dengan berbicara di depan umum. Kita akan lebih cenderung mudah diingat jika kita pernah berdiri di hadapan mereka dan berbicara tentang suatu topik. Dan dengan jalan berbicara di depan umum tentang topic yang kita kuasai,serta kredibilitas kita di mata mereka akan semakin kuat.

Kegiatan-kegiatan Promosi

Berbagai kegiatan promosi seperti misalnya mengikuti pameran, jadi sponsor, dan lain sebagainya, dapat mendekatkan kita dengan banyak calon klien. Tapi kita juga perlu memperhatikan tentang faktor biaya yang nantinya kita perlu keluarkan adalah salah satu strategi pemasaran jasa.

Iklan

Strategi pemasaran jasa ini ialah cara yang dinilai sebagai yang paling kurang efektif untuk bisa memasarkan jasa profesional kita. Tetapi, terkadang juga bisa berhasil terutama pada iklan dalam bentuk website maupun media sosial.

Secara umum, efektifitas dari strategi pemasaran jasa mungkin akan dipengaruhi kondisi, kemampuan, atau keinginan kita. Misalnya adalah seorang psikolog yang merasa tidak cocok untuk mencoba menggunakan strategi untuk menghubungi calon klien secara langsung dan melakukan suatu tindak lanjut, sehingga lebih memilih untuk memakai strategi networking ataupun membangun referral.

Perusahaan-perusahaan jasa biasanya menetapkan posisi mereka dengan melalui kegiatan bauran pemasaran secara tradisional. Tapi, karena jasa yang berbeda dari produk yang berwujud, pemasaran jasa ini sering memerlukan suatu pendekatan pemasaran tambahan.

Selain strategi pemasaran jasa, Dalam bisnis jasa, pelanggan dan juga karyawan jasa bagian lini depan berinteraksi untuk bisa menciptakan jasa. Hasilnya, interaksi yang efektif bergantung pada keahlian dari karyawan jasa lini depan dan juga proses pendukung yang menyokong para karyawan ini.

Oleh karenanya, perusahaan jasa haruslah memusatkan perhatian pada keduanya, yaitu pelanggan dan karyawan, supaya berhasil. Perusahaan jasa haruslah memahami rantai laba jasa atau (service-profit chain) yang bisa menghubungkan laba perusahaan jasa dengan para karyawan dan juga kepuasan pelanggan. Rantai tersebut terdiri dari lima hubungan:

  1. Kualitas jasa internal: hal ini dimulai pemilihan karyawan yang bagus dan juga pelatihan.
  2. Karyawan jasa yang puas dan juga produktif: karyawan yang merasa lebih puas, setia, dan juga bekerja keras, yang akan menghasilkan hal yang baik.
  1. Nilai jasa lebih besar: kreasi dari nilai pelanggan serta penghantaran jasa yang lebih efektif dan efisien, yang nantinya akan menghasilkan.
  1. Pelanggan yang puas dan juga setia: pelanggan puas yang setia akan mengulangi pembeliannya, dan memberitahukan pada pelanggan lainnya.
  2. Laba dan juga pertumbuhan jasa yang sehat: kinerja perusahaan jasa yang tentunya sehat.

Demikianlah 4 strategi pemasaran jasa yang bisa anda terapkan pada bisnis anda, dan semoga artikel singkat ini bisa memberikan manfaat, terima kasih.

promosi paling efektif omset, strategi pemasaran jasa 2017
SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY