3 Kiat Pemasaran Online Ala Zalora, Belajar Dari Online Shop Kelas Dunia

3 Kiat Pemasaran Online Ala Zalora, Belajar Dari Online Shop Kelas Dunia

3 Kiat Pemasaran Online Ala Zalora, Belajar Dari Online Shop Kelas Dunia

Nama Zalora dalam 1 tahun belakangan ini memang mulai muncul di permukaan sebagai salah satu situs toko online besar yang banyak menawarkan produk fashion sebagai lini utamanya. Sebagai salah satu pelaku besar pemasaran online, Zalora akan berbagi tipsnya dalam menjual lebih banyak melalui media penjualan online.

Zalora sendiri mengakui dalam menjalankan peluang bisnis online, diperlukan pemahaman terhadap karakter target pasar secara khusus. Itu sebabnya secara khusus Zalora membuka situs khusus untuk pasar Indonesia dengan tujuan lebih mendekatkan diri dengan karakter pasar lokal. Bila Anda menyamakan setiap pasar dengan sudut pandang dan pendekatan yang sama, menurut Zalora akan menghasilkan penjualan yang kurang optimal.

Mengingat usia toko online besar ini di Indonesia masih terbilang sangat muda, namun sudah mampu menorehkan kesuksesan dengan penjualan yang relatif tinggi dan perkembangan usaha yang terus menunjukan progress, tidak ada salahnya kita berguru sedikit mengenali bagaimana pengelola Zalora dalam mengembangkan pemasaran mereka secara maya. Termasuk bagaimana mereka menterjemahkan karakter pasar lokal Indonesia dalam trik pemasaran online yang mereka terapkan.

Apalagi sudah bukan rahasia lagi pasar retail fashion di Indonesia sudah sangat berkembang dengan persaingan yang super ketat dari berbagai kelas pasar dan produk. Perlu langkah strategies khusus bisa mencuri pangsa pasar yang tersedia dengan efektif. Lalu seperti apa kiat pemasaran online yang digencarkan oleh Zalora untuk mampu merebut pasar retail fashion Indonesia secara online? Anda bisa lihat dalam 3 poin strategi pemasaran online berikut ini.

  1. Sistem penawaran kupon
    Dimanapun Anda berada sistem diskon selalu mampu memberi Anda ketertarikan tersendiri untuk melakukan pembelian. Diskon memberi efek di bawah sadar untuk merasa diuntungkan meski kadang sebenarnya pihak penjual sudah terlebih dulu menaikan harga sebelum diskon. Tetapi efek kupon lebih efektif berkali lipat dari diskon. Karena selain memberikan potongan harga , di satu sisi pemberian kupon memberi kesan penghargaan Anda kepada konsumen dan membuat konsumen merasa special. Sedang bagi konsumen sehingga mengikat mereka untuk datang kembali setidaknya memanfaatkan kupon ini, karena ada rasa mubazir yang akan muncul pada benak konsumen kalau kupon tidak digunakan.
  2. Penerapan sistem Cash On Delivery (COD)
    Di pasar global sistem COD sudah dianggap kuno dan tidak praktis, tetapi di pasar Indonesia masih banyak konsumen yang merasa lebih nyaman dengan layanan semacam ini. Apalagi pada umumnya biaya pengantaran tidak jauh berbeda dengan biaya ekpedisi. Layanan ini ditujukan untuk mengakomodasi para konsumen yang kurang merasa percaya dengan sistem penjualan online. Nyatanya tingkat kepercayaan di pasar online Indonesia memang belum sebaik pasar global dengan arus penjualan online berkali lebih tinggi dari pasar lokal Indonesia. Malah pengelola Zalora melayani pengantaran ke seluruh Jawa dengan membangun jaringan khusus untuk pelayanan ini. Dan hingga sejauh ini setidaknya ½ dari penjualan di kawasan Jawa menggunakan layanan COD ini.
  3. Selalu proaktif dalam berhadapan dengan konsumen
    Kadang masalah di lapangan muncul ketika sebuah pemesanan sudah masuk, namun kerap konsumen tak kunjung melakukan pembayaran. Alih-alih memberikan ancaman kepada konsumen dengan siste pembatasan pembayaran yang ketat, pengelola Zalora justru lebih tertarik dengan melakukan aksi proaktif seperti dengan menghubungi konsumen dan mengingatkan mereka akan pesanan yang mereka lakukan di Zalora. Ini akan membantu mereka mengingat kembali tagihan mereka tanpa merasa terpaksa untuk membayar. Membuat mereka merasa dikejar-kejar kadang membuat konsumen malah lari, terutama kalrena kebanyakan produk Zalora berada dalam pasar menengah keatas yang relatif lebih mapan ekonominya. Pengelola Zalora juga selalu aktif mengawasi perkembangan permintaan yang masuk stok yang selalu diminta dan lama habis, model yang banyak digemari, hingga komentar dan testimony yang masuk. Dari sini pengelola Zalora bisa mendapatkan gambaran produk apa yang seharusnya disediakan oleh mereka.

Itulah dia 3 kiat yang selama ini sukses menghantarkan pemain muda macam Zalora bisa menjadi salah satu pemain besar di kelasnya. Anda bisa menconteknya dan menyesuaikannya dalam usaha milik Anda sendiri dan mengembangkannya menjadi teknik pemasaran online ala Anda.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis online kelas dunia, cara promosi zalora, sistem manajemen online shop, Teknik marketing zalora
3 Kiat Pemasaran Online Ala Zalora, Belajar Dari Online Shop Kelas Dunia | Hari Murti | 4.5

Komentar :