11 Cara Untuk Promosi Blog, Ribuan Visitor per Hari

0
385

Promosi BlogMembuat konten adalah bagian terpenting dalam pemasaran online. Bahkan saya menghabiskan waktu 2-3 hari untuk bisa menyelesaikan 1 artikel. Tapi ada yang lebih penting lagi yaitu:

Mempromosikan konten.

Supaya konten baru anda bisa mendapatkan pengunjung, anda bisa menghabiskan waktu 4x lipat lebih banyak dari pada anda membuat konten.

Mengapa bisa sebanyak itu? Karena ketika anda menekan ‘publish’, di hari yang sama akan ada jutaan artikel lain yang diterbitkan. Artikel anda hanyalah seekor ikan kecil di samudra yang luas. Oke mari kita bahas 11 langkah tersebut di bawah ini :

  1. Menyiapkan ‘umpan’ sebelum konten diterbitkan

Maka mindset ‘promosi konten’ harus anda pegang sebelum konten diterbitkan atau bahkan sebelum dibuat.

Untuk itu, perhatikan 2 hal:

  • Pemilihan topik dan juga isinya.
  • Topik dari konten anda harus bersifat urgent.
  1. Buat email list dan kirim setiap kali ada konten baru

Dengan membangun email list maka usaha promosi konten anda akan jadi berkali-kali lipat lebih mudah.

Bayangkan  saja:

Anda akan mendapatkan 1000 pengunjung dari berbagai macam tempat. Tanpa email list artinya 1000 orang tersebut akan pergi. 

  1. Dapatkan follower dan post konten anda ke social media

Sebagai pemula biasanya kita memiliki 100-1000 follower di Twitter atau Facebook. Apa yang terjadi ketika kita posting ke sana? Paling-paling hanya 1 atau 2 orang yang re-Tweet atau Like… ya kan? Prinsipnya sama dengan list building di atas tapi medianya yang berbeda. Cara yang mudah adalah dengan memasang tombol untuk mempermudah pengunjung untuk menuju akun social anda.

  1. Sebutkan blogger lain di konten kemudian beritahu mereka

Maksudnya begini, saya membuat artikel dengan topik “menurunkan berat badan” dan di dalam artikel ini saya merekomendasikan seorang blogger dalam bentuk link sebagai bacaan yang bagus. Sesudah itu saya memberitahu blogger tersebut lewat email. Maka kemungkinan mereka akan balik merekomendasikan artikel milik anda.

  1. Gabung ke Facebook Group

Karena banyaknya orang Indonesia yang ada dalam Facebook Groups, komunitas ini dapat menjadi salah satu tempat promosi yang terbaik. Sebelum bergabung, ingatlah 2 hal ini.

  • Jangan promosi ke grup yang tidak ada kaitannya dengan topik blog.
  • Jangan promosi ke grup yang sebagian besar isinya spam link website.
  1. Gabung ke Google+ Communities

Mirip dengan Facebook Groups. Meskipun di Google+ akan sepi tapi umumnya komunitas disini terlihat rapi dan antusias. Filter spam yang ada Google+ jauh lebih kuat dari pada milik Facebook. Jadi hati-hati, jika ada melakukan spam website maka anda tidak akan pernah bisa muncul selamanya.

  1. Gabung ke situs forum

Teknik promosi blog di forum mirip dengan di Facebook dan G+.Tugas utama anda bukan untuk langsung posting berisi dengan link. Jadi jangan langsung komentar yang berisi tentang konten anda apalagi sampai membuat thread baru.

  1. Ubah bentuknya lalu publish di berbagai tempat

Kalau anda memiliki konten berupa artikel, anda dapat membuat video, PDF ataupun infografis dengan isi yang sama. Begitu pula jika anda memiliki konten video dapat dijadikan artikel juga. Kita akan memanfaatkan website yang sudah mempunyai banyak pembaca dan kemudian konten milik kita akan kita kirim kesana.

  1. Monitor percakapan dan konten baru yang relevan

Misalnya anda memiliki konten tentang ‘belajar Bahasa Inggris’. Ternyata dalam situs komunitas ada beberapa orang yang bertanya, gimana sih caranya belajar Bahasa Inggris yang mudah? Sudah ada orang yang membutuhkan bacaan tugas kita tinggal datang dan berikan link milik kita.

  1. Tulis komentar yang cerdas dan bermanfaat di blog lain

Komentar blog itu bermanfaat:

  • Mendapat pengunjung langsung.
  • Jadi dikenal oleh si pemilik blog.
  • Sesudah itu, jalan untuk menjalin hubungan akan terbuka lebar bagi anda.
  1. Guest blogging di blog yang populer

Masuklah ke tempat yang sudah banyak trafficnya. Untuk blog baru yang masih sepi, walaupun anda bisa menerbitkan 100 artikel setiap harinya tetapi anda tetap tidak mempromosikan di luar maka sama saja. Maka dari itu situs komunitas bisa menjadi salah satu cara yang efektif.

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY