10 Pertanyaan Penting Sebelum Memulai Bisnis Makanan Dan Minuman

10 Pertanyaan Penting Sebelum Memulai Bisnis Makanan Dan Minuman

10 Pertanyaan Penting Sebelum Memulai Bisnis Makanan Dan Minuman

Pariwisata di Indonesia setiap waktu semakin banyak diminati, baik wisatawan dalam negeri dan luar negeri. Daerah-daerah destinasi wisata yang saat ini diminati antara lain bali yang masih menempati posisi puncak untuk pariwisata di Indonesia, kemudian Yogyakarta yang memiliki adat tradisi juga wisata alam yang mengagumkan, melihat besarnya potensi pariwisata akan memiliki korelasi yang besar terhadap bisnis makanan dan minuman di daerah tersebut.

Berikut juga ada kota Bandung, Lombok dan sebagainya. Indonesia memang terkenal dengan segala tradisinya yang jika diurutkan dari paling ujung timur hingga barat akan memiliki budaya yang sarat wisata yang berbeda-beda.

Kuliner merupakan salah satu wisata yang tidak terpisahkan dari tempat wisata itu sendiri. Bahkan beberapa tempat telah menjadi spot untuk makan atau sekedar tempat nongkrong yang tak pernah sepi. Bisnis makanan dan minuman itu tak lekang oleh waktu, bahkan makin berkembang. Banyak yang bertahan dan tidak sedikit juga yang roboh akibat persaingan ketat.

Jika Anda adalah seorang pengusaha yang akan membuka bisnis makanan dan minuman kadang melihat begitu mudahnya suatu bisnis itu dijalani. Namun apapun bisnis yang Anda jalani, terutama untuk bisnis makanan dan minuman ini ada hal yang harus direncanakan dengan baik. Berikut pertanyaan-pertanyaan yang harus dapat Anda jawab sebelum Anda berkecimbung di bisnis makanan dan minuman.

  1. Jenis makanan dan minuman apa yang akan Anda sajikan?

Pertanyaan pertama yang muncul adalah jenis makanan dan minuman yang akan Anda jual untuk usaha Anda. Jika memang telah menetapkan jenisnya pelajari dengan baik. Jangan sampai Anda tidak tahu barang yang Anda jual sendiri.

  1. Bagaimana penyajian dari makanan dan minuman yang akan dijual?

Kemasan apa yang akan Anda gunakan. Konsep dari makanan apa yang ingin Anda berikan pada usaha Anda. Peralatan makanan dan minuman yang menarik akan memberi kesan positif.

  1. Siapakah segmen pasar yang ingin Anda bidik?

Penentuan segmen pasar sangat penting. Jangan sampai Anda telah menentukan segmen pasar anak-anak tapi justru anda memberikan masakan yang pedas. Begitu pula lokasi yang strategis.

  1. Dimanakah tempat yang akan Anda gunakan?

Keputusan untuk memilih tempat yang tepat akan menentukan ramai atau tidaknya bisnis makan dan minuman milik Anda. Usahakan tempat yang Anda gunakan dekat dengan target dari segmen pasar yang telah Anda bidik sebelumnya.

  1. Lay out untuk tempat Anda?

Penataan ruangan yang rapi dan bersih membuat para konsumen merasa nyaman berlama-lama di restoran Anda. Berilah konsep yang unik yang tidak ditemukan di tempat-tempat yang lainnya.

  1. Bagaimana dengan distribusinya?

Apakah Anda juga sudah menyiapkan distribusi dari usaha bisnis makanan dan minuman ini. Apakah Anda hanya melayani makan ditempat atau bisa juga take home, jika lebih baik lagi jika Anda menyediakan jasa pesanan melalui online dan jasa delivery service. Dengan demikian konsumen akan merasakan kemudahan untuk meperoleh produk Anda. Tapi sebelum terlalu jauh, perlu dipikirkan dahulu bagaimana operasionalnya.

  1. Pengolahan makanan seperti apa?

Berdasarkan jenis usaha makanan dan minuman yang telah Anda tentukan, pilih juga pengolahan makanan yang dapat Anda pelajari terlebih dahulu. Anda dapat membaca-baca melalui pengalaman dari orang-orang yang telah sukses sebelumnya.

  1. Promosi dan publikasi yang akan dilakukan seperti apa?

Poin penting untuk membuka usaha makanan dan minuman lainnya adalah publikasi apa yang akan Anda lakukan. Sebaiknya Anda sudah memberikan informasi kepada khalayak jika Anda akan membuka usaha makanan dan minuman sebelum membuka. Untuk pilihan publikasi Anda bisa melihat efektivitasnya karena menyangkut cost yang akan dikeluarkan.

  1. Dari mana bahan baku yang didapatkan?

Bahan baku yang digunakan hendaknya yang berkualitas baik, namun harganya juga relatif bersaing. Jika memang Anda bisa memiliki suplier tetap yang dapat memberikan harga spesial akan lebih baik. Karena itu tentukan bahan baku dengan keputusan yang tepat.

      10. Manajemen keuangan dan karyawan yang akan diterapkan seperti apa?

Pasti Anda juga ingin usaha makanan dan minuman ini berkembang, sejak dini Anda dapat juga menentukan Manajemen keuangan dan karyawan yang Anda terapkan.

Jika semua pertanyaan diatas telah dapat Anda jawab dengan baik maka Anda akan mampu menjalani bisnis makanan dan minuman milik Anda secara teknis pelaksanaan. Namun demikian, terdapat modal dan faktor lain yang juga perlu diperhatikan. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.asdreports.com

Tag:

pertanyaan tentang peluang usaha, pertanyaan tentang usaha kecil, Pertanyaan Usaha Kecil, pertanyaan seputar usaha kecil, pertanyaan tentang peluang usaha baru, pertanyaan tentang bisnis, pertanyaan tentang makanan, pertanyaan tentang bisnis kecil, pertanyaan peluang bisnis, pertanyaan tentang produk makanan
10 Pertanyaan Penting Sebelum Memulai Bisnis Makanan Dan Minuman | Hari Murti | 4.5

Komentar :