10 Kiat Investasi Saham Untuk Investor Pemula | Wajib Anda Ketahui

10 Kiat Investasi Saham Untuk Investor Pemula | Wajib Anda Ketahui

10 Kiat Investasi Saham Untuk Investor Pemula | Wajib Anda Ketahui

Salah satu instrument investasi yang paling popular adalah investasi saham, karena investasi saham merupakan alternative investasi yang cukup menguntungkan apabila pertumbuhan ekonomi Negara tersebut sedang menunjukan peningkatan, dan kabar baiknya pertumbuhan ekonomi di Indonesia selalu mengalami pertumbuhan di atas 5% per tahun.

Bagi anda yang memiliki dana lebih yang cukup banyak untuk di investasikan, maka investasi saham merupakan salah satu bentuk investasi yang pantas untuk di pertimbangkan karena akan memberikan return yang cukup besar, namun ada beberapa kiat khusus agar investasi anda lebih aman dan meminimalkan resiko yang selalu melekat pada sebuah instrument investasi, kiat-kiat khusus tersebut adalah:

  1. Kenali saham anda

Jika anda ingin berinvestasi di saham maka anda wajib untuk mengenal betul perusahaan yang sahamnya akan anda beli, pelajari kinerja keuangan perusahaan dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun, jenis usaha yang di jalankan perusahaan tersebut dan pelajari kondisi fundamental perusahaan tersebut.

  1. Realistis

Gunakan data-data yang valid untuk anda analisa dalam perencanaan pembelian saham, jangan gunakan emosi karena anda terlalu bernafsu untuk membeli sebuah saham, anda harus selalu realistis dan logis dalam perhitungan untung dan rugi.

  1. Momentum

Gunakan momentum yang pas dalam membeli saham, harga yang murah tidak selalu bagus dalam pembelian saham, gunakan analisa teknikal dan fundamental untuk mencari momentum yang tepat dalam pembelian sebuah saham.

  1. Diversifikasi

“Jangan menaruh telur dalam satu keranjang” sepertinya pepatah klasik ini akan selalu di pakai oleh investor dimanapun berada, melakukan pembelian saham dengan berbagai bidang atau sektor akan meminimalkan resiko anda, anda bisa memilih beberapa tipe saham sesuai dengan modal yang anda punya dan gunakanlah modal tersebut dengan bijak.

  1. Long term

Dalam melakukan kegiatan trading saham gunakan metode long term trade atau trading jangka panjang untuk menunjang konsep investasi anda, hal ini untuk menjaga psikologi anda karena naik turunya harga saham jangka pendek, anda boleh memantau harga saham harian namun jangan terpancing oleh naik turunya harga saham, gunakan analisa teknikal dan fundamental jangka panjang.

  1. Spekulasi

Jangan mencoba untuk melakukan sebuah spekulasi dalam investasi kecuali anda sudah memiliki kapasitas sebagai trader saham yang handal, lakukan perhitungan yang matang untuk menghindari tindakan spekulasi yang akan membahayakan modal anda, jangan pernah melakukan transaksi saham dengan membabi buta, gunakan logika.

  1. Indikator

Sebagai investor saham anda akan di wajibkan untuk mengetahui berbagai jenis-jenis indikator ekonomi makro dan mikro secara fundamental, selain itu indikator teknikal yang berisi tentang data pergerakan saham juga wajib anda ketahui untuk menunjang berjalanya kegiatan investasi saham yang anda beli.

  1. Indikator teknikal

Di dalam analisa teknikal terdapat banyak sekali rumusan indikator teknikal namun ada beberapa indikator teknikal yang wajib anda ketahui yaitu : indikator trend, indikator volume, indikator momentum, indikator volatilitas dan support resistant

  1. Indikator fundamental

Dalam analisa saham terdapat analisa fundamental yang berisi tentang kondisi ekonomi secara makro, beberapa indikator fundamental tersebut adalah: besaran inflasi, nilai suku bunga bank sentral, kondisi politik dan sosial keamanan, indikator ketenagakerjaan, dan indikator pertumbuhan ekonomi suatu Negara.

10. Bertindak bijak

Kata bijak mungkin akan terdengar klise untuk sebuah kegiatan investasi namun hal ini sungguh sangat penting. Bijak disini yang saya maksud adalah bijak dalam menggunakan modal anda untuk melakukan pembelian saham, pasalnya anda akan melakukan banyak transaksi saham di masa yang akan datang jadi gunakanlah modal anda untuk transaksi yang benar-benar sudah anda persiapkan dengan matang sehingga akan meminimalkan kesalahan dan kerugian dalam bertransaksi.

Artikel lainya : Cara Investasi emas batangan

Pada umunya orang awam kurang mengetahui secara menyeluruh tentang investasi saham, dengan 10 kiat-kiat di atas setidaknya akan menambah wawasan bagi investor pemula yang akan menginvestasikan sebagian uangnya di pasar saham, sebelum memutuskan untuk terjun lebih jauh di pasar saham sebaiknya anda berkonsultasi dengan konsultan keuangan anda sehingga bekal anda akan semakin lengkap. Terima kasih sudah membaca artikel di siap bisnis semoga artikel ini bermanfaat. –Tim Siap Bisnis-

Tag:

Kiat Bisnis saham, kiat sukses investasi saham, kiat-kiat yang harus di ketahui oleh investasi pemula, sukses investasi saham
10 Kiat Investasi Saham Untuk Investor Pemula | Wajib Anda Ketahui | Hari Murti | 4.5

Komentar :