10 Cara Menggunakan Manfaat Dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Penyembuhan

Sudah sejak lama tanaman jeruk nipis terutama buahnya dimanfaatkan sebagai obat herbal. Rasa asamnya dipercaya sejak jaman dahulu memberi efek penyembuhan dan membantu menjaga daya tahan tubuh. Bahkan manfaat dan khasiat jeruk nipis sudah digunakan sejak ratusan tahun lalu dalam penyembuhan tradisional Nusantara.

10 Cara Menggunakan Manfaat Dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Penyembuhan

10 Cara Menggunakan Manfaat Dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Penyembuhan

Berdasar riset yang dikembangkan beberapa pusat penelitian herbal Indonesia ditemukan adanya beberapa senyawa berkhasiat yang memang menjadikan manfaat dan khasiat jeruk nipis dengan rasa asam segar ini terbukti secara klinis memiliki efek menyembuhkan.

Adapun kandunga senyawa yang terbukti bisa Anda temukan dalam jeruk nipis antara lain limonene dan linalool. Terdapat pula kandungan sejumlah jenis antioksidan flavonoid, rhoifolin, hesperidine dan synephrine serta metiltiramin.

Tak hanya itu, dalam jeruk nipis terkandung sejumlah besar vitamin C, vitamin A, fosfor, kalsium dan besi. Selain kandungan sitrat yang tinggi,meski sitrat ini sendiri memiliki beberapa resiko bagi tubuh bila Anda konsumsi secara berlebihan.

Lalu bagaimana mengaplikasikan manfaat dan khasiat jeruk nipis ini dalam pengobatan tradisional? Berikut ini beberapa resep yang bisa Anda jajal.

  1. Mengatasi panas dalam dan gejala flu
    Tambahkan 2 sendok makan madu dengan perasan ½ buah jeruk nipis. Aduk dan minum segera. Perpaduan madu dan jeruk nipis sangat baik meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi gejala panas dalam serta flu.
  2. Mengatasi anyang-anyangan
    Dua buah jeruk nipis, rendam dalam air panas mendidih selama ½ jam, angkat dan peras sampai habis. Tambahkan gula batu secukupnya yang sudah dicairkan dalam air panas 100 cc. Minum segera setelah larut. Ulangi setidaknya 3 kali sehari selama 3 hari. Hati-hati untuk pengidap keluhan asam lambung.
  3. Sebagai obat diet alami
    Rendam sebuah jeruk nipis dalam air panas mendidih, diamkan selama ½ jam dan peras sampai habis. Tambahkan perasan sari 1 ruas kunyit kuning yang di parut halus dan madu 1 sendok makan dan minum segera. Lakukan menjelang tidur dan rasakan Anda akan lebih banyak BAB di pagi hari dengan sedikit lemak turut luruh dalam kotoran. Treatmen ini juga aman untuk pengidap maag karena resiko sitrat sudah diturunkan dengan penggunaan perasan sari kunyit.
  4. Sebagai obat bau badan
    Peras 1 buah jeruk nipis segar, campurkan dengan kapur sirih. Oleskan pada area ketiak dan diamkan selama 10 menit. Lakukan tepat sebelum mandi dan bilas sebagaimana biasa Anda mandi. Rasakan efeknya setelah penggunaan setidaknya 2 -3 hari.
  5. Bau mulut atau sariawan
    Rendam 1 buah jeruk nipis dalam air panas mendidih selama ½ jam. Angkat dan peras sampai habis lalu campurkan dengan madu 1 sendok teh. Gunakan untuk berkumur dan kenakan di area yang infeksi.
  6. Untuk menghaluskan kulit pasca melahirkan
    Campurkan kapur sirih, minyak VCO atau minyak zaitun murni dan perasan jeruk nipis. Borehkan pada area perut terutama daerah yang banyak mengalami stretch mark sisa hamil. Perban dengan kain atau stagen. Diamkan seharian dan lakukan berulang selama setidaknya 1 – 2 minggu dan permukaan kulit perut Anda akan menjadi lebih halus dan sisa stretch mark akan memudar.
  7. Mencegah rambut berketombe
    Potong jeruk nipis menjadi dua, lalu borehkan di kulit kepala sembari dipijat ringan. Diamkan selama ½ jam dan keramas seperti biasa. Tambahkan minyak zaitun atau vco pada rambut kering supaya perawatan ini tidak merusak minyak alami pada rambut dan membuat rambut bertambah kering.
  8. Mengatasi Panu
    Ambil 1 genggam akar landep dan haluskan. Setelah itu tambahkan perasan jeruk nipis sekitar 2 iris. Lalu oleskan di area yang terkena panu dan perban dengan kain kassa supaya borehan tidak hilang. Diamkan selama 2 -3 jam lalu bias dengan air hangat.
  9. Mengatasi keluhan sakit sendi atau keseleo
    Peras jeruk nipis, tambahkan minyak vco, minyak tawon, sedikit bubuk kayu manis dan celupkan cengkeh yang masih panas dibakar. Diamkan sesaat supaya seluruh larut, lalu borehkan di area sakit. Gunakan untuk pijat bagi penderita keseleo.
  10. Membantu mengatasi kelelahan hebat
    Masak cengkeh, jahe putih, daun sereh hingga air menjadi kekuningan keruh. Tambahkan madu dan perasan jeruk nipis. Lakukan sebelum tidur dan rasakan tubuh Anda menjadi lebih segar esok paginya.

Baca juga : Manfaat buah naga merah

Itulah tadi beberapa cara mengaplikasikan manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi beberapa masalah kesehatan ringan. Semoga bermanfaat untuk Anda. – Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.pondokibu.com

Tag:

khasiat jeruk nipis untuk pijat, manfaat jeruk nipis untuk pijat, Manfaat jeruk pecel untuk pijat, manfaat vco jeruk nipis dan madu utk kulit, Manfat jeruk nipis dan vco utk wajah, masker jeruk nipis vco, peluang usaha menggunakan jeruk nipis
10 Cara Menggunakan Manfaat Dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Penyembuhan | Hari Murti | 4.5

Komentar :